JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Lama Tak Muncul, Ternyata Artis Cantik Mikha Tambayong Telah Selesaikan Studi S2 di Harvard University

Potret perayaan hari kelulusan Mikha Tambayong. Foto: instagram/@miktambayong


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Artis, penyanyi dan pemain film terkenal, Mikha Tambayong baru saja mengumumkan kabar bahagianya. Ia baru saja lulus menyelesaikan studi S2 di Universitas Harvard. Mikha lulus dari Harvard Business School dengan gelar Magister Manajemen atau MM.

Artis dengan nama lengkap Maudy Mikha Maria Tambayong mempersembahkan kelulusannya untuk almarhum ibundanya yang meninggal pada tahun 2019 lalu.

Mikha merayakan kelulusannya dengan sederhana di rumahnya. Momen bahagianya dihadiri oleh kerabat dekatnya.

Balon huruf yang bertulisan angka menajdi hiasan dalam perayaan kelulusannya. Ia tersenyum sumringah sambil membawa bunga, balon, dan sertifikat kelulusan dari Universitas Harvard.

Hari bahagianya ia bagikan melalui unggahan instagram pribadi miliknya.

“Maudy Mikha Maria Tambayong, S.H., MM, dengan Program Pascasarjana Internasional dari Harvard Business School dan kursus singkat tambahan konsentrasi hukum kontrak dari HarvardX. Dan ini aku persembahkan untuk Mamaku, kami berhasil,” tulis Mikha Tambayong dalam bahasa Inggris, Rabu (14/7/2021).

Mikha juga mengakui bahwa gelar yang didapatkan karena mendapatkan kesempatan oleh kampusnya dulu yaitu Universitas Pelita Harapan (UPH).

Tahun 2017, Mikha lulus dari Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH) dan melanjutkan pendidikannnya untuk mendapatkan gelar magister.

Sehingga, dalam kurun waktu dua tahun ia menjalani studi di dua Universitas yaitu Harvard University dan Universitas Pelita Harapan. Waktu yang ditempuh adalah satu tahun tiap masing-masing kampus.

Baca Juga :  Seleb Tiktok Juyy Putri Didenda Rp 12 Juta! Gara-garanya Gelar Pesta Ulang Tahun di Hotel di Tengah PPKM Darurat

Di dalam postingannya ia menceritakan bagaimana kesulitan yang ia alami selama menjalani kuliah online. Ia berjuang melakukan kuliah tanpa adanya tatap muka secara langsung.

Wanita usia 26 tahun ini merasa bangga bisa melewati perjalanan yang cukup menantang karena terhalang oleh pandemi.

Karena perbedaan waktu hingga 11 jam ia harus menyesuaikan dengan kelas online yang sedang berlangsung.

“Harus bertahan di kelas online dan mengatasi zona waktu yang berbeda untuk sampai ke titik ini,” ungkapnya.

Namun pada akhirnya ia bisa melewati rintangan demi rintangan tersebut sebelum akhirnya dinyatakan lulus.

Walau kuliah yang ia tempuh begitu singkat, Mikha merasa perjuangannya tidak sia-sia karena bertemu dengan orang-orang hebat dan professor yang berasal dari seluruh dunia.

“Bertemu teman sekelas yang luar biasa, menghadiri kuliah yang mengubah hidup oleh profesor dari seluruh dunia, dan mengalami perjalanan singkat saya di Harvard meskipun tidak dapat secara fisik berada di sana, saat ini,” tambahnya

Banyak yang berbahagia atas kelulusan Mikha. Di unggahan instagram pribadi miliknya banyak rekan sesama artis yang memberikan ucapan selamat.

Unggahannya dipenuhi oleh instagram bercentang biru yang memberi komentar. Seperti akun @pevpearce “Well done Mikha! Such an inspiration! So pround of you,” tuturnya.

Baca Juga :  Artis-artis Tanah Air Sampaikan Selamat Atas Kemenangan Greysia-Apriyani, Nagita Slavina Sampai Menangis

Tidak hanya Pevita Pearce, desaigner terkenal @didietmaulana juga turut memberikan ucapan selamat “Selamat Mikha, bangga sekali!,” ujarnya.

Terakhir, di dalam unggahannya Mikha tak lupa mengucapakan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung dalam menggapai impiannya. Karena, dapat mengeyam pendidikan di Universitas Harvard merupakan salah satu cita-citanya semenjak masih kanak-kanak.

“Seperti yang sudah saya katakan, saya telah mendapatkan gelar Master saya, di sini, di rumah bersama orang-orang yang saya cintai. Sehubungan dengan saat-saat yang menyedihkan seperti saat ini, saya sangat berterima kasih dan tidak akan menyia-nyiakannya. Saya harap kalian juga menemukan secercah cahaya di tengah kegelapan,” tutur Mikha Tambayong. Inasya Salma Nabila