JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Lepas Saat Diturunkan dari Mobil, Sapi Kurban di Gedongan Colomadu Lari dan Nyemplung Sumur. Evakuasi Berlangsung Dramatis!

Seekor sapi kurban yang hendak diturunkan dari mobil di Kampung Gedongan RT 4 RW 5, Colomadu, Karanganyar, Senin (19/7/2021) mendadak lepas hingga masuk ke sumur, sekitar pukul 18.30 WIB. Foto: Prabowo


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seekor sapi kurban yang hendak diturunkan dari mobil di Kampung Gedongan RT 4 RW 5, Colomadu, Karanganyar, Senin (19/7/2021) mendadak lepas hingga masuk ke sumur, sekitar pukul 18.30 WIB.

Proses evakuasi yang dilakukan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karanganyar, relawan, dan warga berlangsung dramatis.

“Biasa sapi seperti ini biasanya stres karena tidak pernah keluar. Sampai di sini tadi mau diturunkan akhirnya lari dan masuk sumur,” ungkap salah satu warga, Ngadi.

Dia menceritakan, Masjid Sabilul Huda, Gedongan, yang rencananya akan melakukan penyembelihan hewan kurban kedatangan empat ekor sapi berjenis metal.

Namun saat sapi ketiga hendak diturunkan dari mobil mendadak memberontak hingga lari ke area pemakaman samping masjid.

Baca Juga :  Tak Cuma Covid-19 Saja, Leptospirosis Juga Jadi Ancaman. 6 Warga Karanganyar Terpapar, 2 di Antaranya Meninggal

“Kaki belakang sapi sempat tersangkut di bibir sumur. Namun karena beban sudah terlalu berat ke depan akhirnya terjun ke sumur,” paparnya.

Sementara itu, Komandan Regu (Danru) Damkar Karanganyar, Dwi Handono memaparkan, evakuasi memiliki kendala dari debit air sumur yang cukup sedikit.

Pihaknya akhirnya mendatangkan dua tangki air untuk menambah debit air sumur sehingga memudahkan proses evakuasi. Proses evakuasi sapi dari dalam sumur berlangsung sekitar 30 menit.

“Itu sumur diberi air dua mobil Damkar. Ketinggian air naik sapi bisa keluar dari sumur, ditarik relawan. Sapi hanya mengalami luka lecet dan Insya Allah bisa disembelih besok,” tuturnya. Prabowo