JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Polisi Tangkap 6 Peserta Demo Jokowi End Game, Setelah Diinterogasi, Diswab, Disuntik Vaksin Lalu Dipulangkan

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus. Foto: Tempo/M Yusuf Manurung via Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  Di tengah pandemi dan kebijakan PPKM, dikabarkan terjadi aksi unjuk rasa Jokowi End Game pada Sabtu (24/7/2021).

Dalam aksi tersebut, pihak Polda Metro Jaya mengamankan enam orang peserta. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus, setelah ditangkap, mereka diinterogasi.

“Mereka pengangguran, bilangnya mau nonton aja. Tahu dari medsos, penasaran mau lihat,” ujar Yusri saat dihubungi, Sabtu (24/7/2021) ihwal penangkapan terkait rencana demo Jokowi End Game tersebut.

Setelah digelandang ke Polres Metro Jakarta Pusat, Yusri mengatakan pihak kepolisian langsung memberikan edukasi soal bahaya Covid-19. Setelah didata, polisi langsung memulangkan mereka.

Sebelum dilepas, Yusri mengatakan pihaknya sempat menanyakan apakah enam pendemo itu sudah melaksanakan vaksinasi. Setelah mengaku belum mendapatkan vaksinasi, pihak kepolisian langsung menyuntik mereka.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Selanjutnya ke enam orang itu diperiksa, lalu  diswab dan hasilnya negatif. Karena hasilnya negatif, mereka langsung disuntik vaksin Covid-19.

“Kami periksa, mereka swab negatif dan kami lakukan vaksin karena mengaku belum divaksin,” kata Yusri.

Sebelumnya dalam poster ajakan aksi yang tersebar, para pengemudi ojek online beserta masyarakat diharapkan turun ke lapangan untuk menolak penerapan PPKM Level 4. Massa rencananya akan melakukan long march dari Glodok menuju Istana Negara.

“Mengundang seluruh elemen masyarakat! Untuk turun ke jalan menolak PPKM dan menghancurkan oligarki istana beserta jajarannya,” bunyi imbauan di poster aksi Jokowi End Game itu.

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

Tidak jelas siapa pelaksana aksi tersebut. Namun poster itu menyertakan logo beberapa aplikator ojek online serta aliansi mahasiswa dan persatuan pedagang sebagai peserta aksi.

Sementara Delpedro Marhaen dari Blok Politik Pelajar yang dituding sebagai provokator aksi nasional Jokowi End Game membantah hal itu.

“Soal poster Jokowi End Game saya tidak ada kaitan dan tidak tahu siapa inisiatornya. Tapi, untuk tanggal 24 Juli 2021 jika ditanya akan ada aksi demo atau tidak? Iya akan ada. Itu tidak bisa dihindarkan akan terjadi karena kita tahu warga sedang marah dengan situasi belakangan ini,” kata Delpedro.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com