JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pengenalan Kelas Baru Lewat Online

Sebanyak 82 siswa kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Kelas Baru (MPKB) secara daring melalui Zoom Meeting, Senin-Selasa (12-13/7/2021). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM — Sebanyak 82 siswa kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Kelas Baru (MPKB) secara daring melalui Zoom Meeting, Senin-Selasa (12-13/7/2021).

Koordinator Tim Guru Kelas V, Rini Dewi Puspita Sari mengatakan, MPKB merupakan program sekolah yang dilaksanakan secara serentak dari kelas I – VI. Uniknya, dalam kegiatan ini, setiap kelas memiliki jargon yang berbeda dengan tujuan untuk memberi motivasi dan sebagai visi kelas.

“Untuk kelas V memilih jargon Kompeten, Literat, Berkarakter (KLB). Melalui jargon tersebut, seluruh siswa diharapkan dapat menjadi pribadi yang terampil dalam memecahkan masalah (kompeten), terpelajar dan berwawasan luas (literat), serta memiliki kepribadian, akhlak, dan budi pekerti yang baik (berkarakter),” ungkapnya, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga :  SD Muhammadiyah PK Kottabarat Luncurkan Modul Bahan Belajar Daring

Siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan MPKB. Banyak siswa yang aktif bertanya saat kegiatan berlangsung, salah satunya Dhanu. Ia mengaku sangat senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan MPKB.

“Selain bisa bertemu dengan guru dan teman-teman secara virtual, ada yel-yel yang menarik dari jargon kelas V,” imbuh Rini.

Kegiatan MPKB diawali dengan tahfiz dan murajaah yang dipimpin oleh Ustazah Tati Kuraesin, guru PAI kelas V, dilanjutkan perkenalan dengan tim guru pengampu, kontrak belajar, pembagian kelompok Pembimbing Akademik (PA), dan simulasi pembelajaran sesuai kelas masing-masing melalui Breakout Rooms.

“Hari terakhir MPKB diisi dengan simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai persiapan kelas V dalam menghadapi AKM Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021,” terang Rini. Prihatsari