JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Vitamin D Punya Tugas Penting untuk Tubuh, Apa Saja Itu?

Pasien OTG berjemur di halaman belakang Asrama Haji Donohudan /Foto: Waskita

JOGLOSEMARNEWS.COM Vitamin D memiliki peran penting untuk menjaga imun tubuh. Saat pandemi ini banyak orang berupaya memenuhi kebutuhan vitamin D dengan berjemur maupun mengonsumsi suplemen vitamin.

Vitamin D bertugas meningkatkan respon kekebalan tubuh untuk melawan mikroorganisme penyakit. Vitamin D juga berperan dalam memaksimalkan performa sel darah putih untuk menjaga tubuh.

Baca Juga :  Risiko Makan Kecambah Mentah dan Tips Membeli Kecambah yang Sehat

Dengan demikian, vitamin D dibutuhkan saat terjadi peradangan dalam tubuh karena infeksi atau dalam pembentukan sel darah. Karena itu, tubuh membutuhkan vitamin D yang cukup. Jika tidak, tubuh akan rentan terserang penyakit dan performa imun dalam merespon penyakit menurun.

Dilansir dari laman Fakultas Kesehatan UGM, vitamin D khususnya D3 dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan mikroorganisme penyakit seperti virus Covid-19. Manusia bisa memperoleh vitamin D dari berjemur di bawah sinar matahari.

Baca Juga :  Redakan Kesemutan Dengan Cara Alami Ini

Namun, paparan sinar matahari ini tidak bisa membunuh virus Covid-19. Dr Arif Budiyanto menekankan bahwa kegiatan berjemur hanya meningkatkan kekebalan tubuh supaya tubuh optimal untuk melawan virus Covid-19.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com