JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Loh yang Dilakukan Pasien COVID-19 Saat Menjalani Isoter, Ternyata Malah Bikin Senang

Isoter
Petugas menyemprotkan desinfektan kepada warga yang menjalani isolasi terpusat di Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah warga Wonogiri yang dinyatakan positif COVID-19 menjalani isolasi terpusat atau terpadu (isoter) di Gedung PGRI Wonogiri. Sebagian di antaranya sudah negatif dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Saat berada di fasilitas isoter warga tersebut menjalani beragam aktifitas. Salah satunya olahraga bersama.

Mereka secara terang-terangan menceritakan apa yang dialami dan hal yang diterima saat isoter di gedung PGRI Wonogiri. Maryanto (43), warga Desa Karanglor Kecamatan Manyaran berujar awalnya diminta sang bos untuk menjadi sopir ke rumah sakit di Solo karena ada keluarga bosnya yang sakit. Ternyata, keluarga bos reaktif COVID-19.

“Akhirnya saya tes juga tanggal 2 Agustus. Pagi tes, malam keluar hasilnya positif,” kata dia, Kamis (12/8/2021).

Usai dinyatakan positif dia meminta sang istri untuk tidak mendekat terlebih dahulu. Dia pun memisahkan diri saat pulang dan menjalani isolasi mandiri.

Pada Rabu (4/8) dia diminta menjalani isolasi di fasilitas isoter. Maryanto dijemput langsung oleh forkompimcam Manyaran yang dipimpin langsung oleh camat setempat.

Maryanto mengaku biasa saja saat dijemput oleh forkompimcam. Namun sang istri yang kaget dan takut ada sesuatu yang terjadi kepada suaminya karena petugas puskesmas memakai pakaian hazmat. Setelah diberi penjelasan, sang istri akhirnya merelakan suami dibawa ke Gedung PGRI.

Baca Juga :  Mudik Lebaran 2024, 196 Juta Perantau Bakal Pulkam

“Istri saya juga akhirnya dites. Alhamdulillah negatif COVID-19 mas. Jadi nggak ikut kesini,” tutur Maryanto.

Menurut dia, kondisi saat dia isoman di rumah dan di fasilitas isoter sangat berbeda. Dua hari satu malam isoman di rumah, dia tak mendapatkan perawatan khusus.

“Disini malah dicek tensi, saturasi oksigen juga. Makannya juga sehari tiga kali, lebih terjamin ternyata,” terang Maryanto.

Dia mengaku kegiatan yang disukainya adalah berolahraga bersama. Setiap pagi, para pasien di fasilitas isoter memang wajib melakukan senam pagi. Itu yang malah membuatnya senang.

“Kalau di rumah malah ndak pernah olahraga. Paling turut ngalas (ke sawah) mas nek ning omah (saat di rumah),” beber dia.

Selain Maryanto, Mujahid Candra (16) juga tercatat “lulus” dari Gedung PGRI. Warga Desa Tubokarto Kecamatan Pracimantoro itu juga dinyatakan negatif korona. Dia mengaku terpapar Corona di salah satu pondok di Ngadirojo Rabu (4/8) lalu.

“Alhamdulillah sekarang sudah bisa pulang. Disini saya kira juga cukup bebas, tidak bosan,” kata siswa kelas XI salah satu SMK di Wonogiri itu.

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

Keduanya dijemput oleh pihak forkompimcam Selasa malam. Dengan tambahan dua orang yang sembuh, total ada tiga alumnus fasilitas isoter Gedung PGRI Wonogiri. Ketiganya adalah laki-laki.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri Adhi Dharma mengatakan dengan kesembuhan tiga orang warga berjenis kelamin laki-laki, bukan berarti perempuan lebih lama sembuh. Menurut dia, yang membuat ketiga alumnus itu cepat sembuh karena mereka merasa nyaman berada di fasilitas isoter.

“Kalau mereka enjoy disini, percaya sama teman-teman nakes yang ada di sini (Gedung PGRI) dan los, saya yakin mereka lebih cepat sembuh. Disini santai saja, ndak perlu cemas,” kata dia.

Pihaknya juga memberikan surat keterangan negatif Corona. Tes yang dijalani keduanya adalah RT-PCR, jadi hasilnya sangat akurat. Adhi Dharma juga meminta pasien yang sudah sembuh untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan rutin berolahraga.

Informasi yang dihimpun, hingga Selasa malam total pasien yang menjalani isolasi di Gedung PGRI berjumlah 52 orang. Pada hari itu, dua orang sembuh dan masuk satu pasien baru. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com