Kulit Pisang Ternyata Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman, Loh. Begini Caranya

Ilustrasi kulit pisang / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pohon pisang memiliki berbagai manfaat bagi manusia, terutama untuk kesehatan. Namun, tak hanya untuk kesehatan ternyata bagian kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman, loh.

Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis sehingga pohon pisang mudah ditemukan, sebab tumbuh subur dan cocok untuk ditanam.

Hampir semua bagian pohon pisang sering dimanfaatkan oleh masyarakat, mulai dari daun, buah, batang, jantung pisang, hingga tunasnya. Tetapi tak banyak orang yang tahu bahwa kulit pisang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

Tak hanya bagus untuk dijadikan pupuk tanaman, pengolahan ini juga sangat murah sekaligus mudah. Pasalnya, pengolahan ini tak banyak menggunakan bahan.

Terdapat tiga langkah pengolahan pupuk kulit pisang, begini caranya.

Pertama, kumpulkan kulit pisang yang dibutuhkan. Tak harus banyak, cukup menggunakan 10-15 lembar kulit pisang. Kemudian potong menjadi tiga bagian. Selanjutnya, tambahkan air sebanyak 1000-1500 liter ke dalam sebuah panci yang berisi potongan kulit pisang, lalu rebus hingga mendidih.

Kedua, kulit pisang yang sudah mendidih kemudian didinginkan hingga benar-benar dingin. Lalu, saring air rebusan dan dimasukan ke dalam botol bekas air mineral. Setelah itu masukan  ke dalam lemari pendingin.

Terakhir, gunakan air kulit pisang yang sudah dingin tersebut untuk memupuk tanaman yang ada di rumah, secukupnya.

Banyak orang yang telah mencoba metode tersebut sebagai pupuk tanaman. Pupuk hasil rebusan kulit pisang ini sangat bagus untuk tanaman anggrek.

Selain merangsang pertumbuhan tunas, dapat juga mempercepat tumbuhnya  bunga pada tanaman anggrek. Hanifah Yulia Putri S

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com