JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Masih Pandemi, Dua Keraton di Solo Tiadakan Kirab Pusaka Malam 1 Suro

Kirab pusaka malam 1 suro keraton Surakarta, 2018. Foto: Triawati
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dua kalender event budaya di Kota Solo, kirab pusaka malam 1 Suro tahun ini terpaksa kembali ditiadakan karena pandemi covid-19 belum berakhir. Seperti diketahui, Kirab Pusaka Dalem Mangkunegaran dan Kirab Pusaka Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan dua event budaya yang menjadi magnet wisatawan di Kota Solo.

Jika sesuai jadwal, kedua event tersebut seharusnya dilaksanakan di hari yang sama, Senin (9/8/2021) malam. Menurut Humas Mangkunegaran, Joko Pramedyo, pandemi menjadi pertimbangan utama kembali ditiadakannya agenda kirab pusaka tahun ini. Pasalnya, kirab pusaka memiliki potensi terbentuknya kerumunan.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri

“Ini tahun kedua agenda kirab pusaka ditiadakan. Karena ini kan masih PPKM level 4. Belum ada pelonggaran,” paparnya, Jumat (6/8/2021).

Selain itu, kondisi di Pura Mangkunegaran saat ini juga tengah melakukan renovasi oleh PUPR. Peniadaan agenda kirab pusaka diharapkan tidak akan mengganggu proses renovasi yang dilakukan saat ini.

“Kirab ditiadakan, tapi kalau Jamasan pusaka dan Wilujengan masih tetap diadakan secara internal. Penerapannya nanti tetap dengan prokes ketat,” imbuh Joko.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

Hal senada disampaikan Kepala Lembaga Dewan Adat ( LDA) Keraton Kasunanan Surakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR), Wandansari. PPKM level 4 di Kota Solo saat ini menjadi pertimbangan utama Keraton Solo meniadakan kirab pusaka.

“Kita nanti hanya melakukan doa doa saja di rumah. Tidak melakukan kegiatan Kirab Pusaka 1 Suro karena berpotensi timbulkan kerumunan,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com