JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Penasaran dengan Kuliner Croffle? Yuk Bikin Sendiri dengan Resep Ini

Ilustrasi croffle / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNES.COM – Saat ini croffle tengah populer bagi masyarakat Indonesia. Makanan ini menjadi salah satu cemilan yang sempat viral di media sosial.

Rasa yang renyah sekaligus memiliki tekstur yang lembut membuat cemilan satu ini banyak diminati.

Makanan penutup jenis ini pertama kali dicetuskan oleh Chef Louise Lennox seorang yang ahli di bidang dessert. Ia berasal dari Dublin, Irlandia.

Pada akhirnya, seperti dikutip dari tempo.co,  croffle buatan Lennox dijual di La Petite Boulangerie dan banyak disukai oleh masyarakat Korea pada saat itu.

Awal mula camilan ini viral setelah seorang penyanyi asal Korea Selatan, Kang Min-Kyung menyukainya.

Dalam sebuah video yang beredar luas di media sosial, Kang Min-Kyung tampak menunjukan dapur rumahnya dan croffle sebagai camilan favoritnya. Padahal croffle sendiri telah populer di Korea Selatan sejak tahun 2020 lalu.

Sebenarnya croffle disebut juga sebagai croissant. Croffle adalah gabungan dari dua makanan yaitu croissant dan waffle. Yang membuat berbeda karena tempat untuk membuat croffle sama seperti pembuatan waffle.

Nama croffle muncul melalui gabungan kedua nama tersebut. Dan tekstur yang dimiliki lebih renyah dari waffle.

Rasa yang renyah serta gurih dan mempunyai aneka toping membuat warga Indonesia penasaran dengan rasa croffle itu. Di awal kemunculannya, kalangan anak mudah mulai berbondong-bondong untuk mencicipi croffle.

Salah satu brand terkenal yang menjual croffle pun terkena imbasnya ramainya pembeli. Bahkan untuk mendapatkan makanan penutup ini pembeli harus rela antri berjam-jam.

Topping yang disajikan juga cukup beragam membuat cita rasa croffle semakin enak. Contoh toppingnya seperti alpukat, tomat, tiramisu, dan hazelnut. Namun, tidak perlu khawatir, croffle tetap enak disantap walaupun hanya disajikan menggunakan topping gula halus saja.

Hingga saat ini croffle sudah mudah dijumpai melalui toko online. Bahkan banyak coffeshop menambahkan menu croffle agar pembeli dapat merasakan seenak apa makanan penutup ini.

Membayangkan bagaimana menyantap croffle tentunya akan menggugah selera. Kabar bahagianya ternyata croffle dengan resep simple dapat dibuat di rumah dan langsung dihidangkan tanpa menunggu antrian terlalu lama.

Melansir dari laman cookpad.com cara membuat croffle sangat sederhana. Dengan 4 bahan croffle sudah dapat disantap. Bahan tersebut adalah pastry edo, gula semut, mentega, dan topping madu.

Cara membuatnya dengan memotong satu lembar pastry menjadi 4 bentuk segitu lalu digulung, selanjutnya lumuri terlebih dahulu cetakan dengan blueband waffle dan panggang selama 10-15 menit saja. Setelah itu angkat croffle hingga dingin, lalu taburi dengan toping. Dan croffle sudah dapat dimakan oleh anggota keluarga.

Lebih lezat lagi, ketika croffle disantap dengan minuman pendukung seperti teh atau kopi. Makanan penutup ini cocok disantap dengan sarapan sebagai hidangan penutup. Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com