JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pengumuman PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang Atau Tidak, Simak Penjelasan Juru Bicara Pak Luhut Pandjaitan dan Pertimbangannya Berikut Ini!

Ilustrasi. Penutupan jalur di Sragen Kota selama PPKM Darurat. Foto/Wardoyo
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 akan berakhir 9 Agustus besok.

Masyarakat kembali dibuat deg-degan apakah status PPKM akan kembali diperpanjang atau tidak. Beragam spekulasi pun mulai muncul.

Sebagian berpendapat pemerintah akan kembali memperpanjang PPKM meski dengan menurunkan level atau dengan istilah lain. Hal itu karena laju Covid-19 masih bertambah meski trennya terus menurun.

Namun sebagian masyarakat berharap PPKM tidak diperpanjang karena sudah terlalu lama diberlakukan.

Berdasarkan catatan, pemerintah telah tiga kali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Perpanjangan yang bersifat mingguan ini didasarkan pada sejumlah pertimbangan.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, mengatakan yang menjadi pertimbangan utama adalah indeks kesehatan, ekonomi dan dinamika sosial.

“Hal ini tentunya menjadi hal yang dapat berubah di waktu yang sangat cepat. Maka kami harus melihat langkah-langkah dan mengevaluasi secara berkala tiap minggunya berdasarkan acuan WHO yang kami ikuti,” papar Jodi, Minggu (8/8/2021).

Sekadar catatan, pemerintah pertama kali menerapkan PPKM Darurat pada 3 Juli lalu yang berlangsung selama 3 minggu hingga 20 Juli.

Setelah itu, perpanjangan dengan nama PPKM Level 4 dilakukan sebanyak 3 kali, yakni pada 21 Juli – 25 Juli, 26 Juli – 2 Agustus, dan 3 Agustus – 9 Agustus.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Besok, masa perpanjangan ketiga PPKM akan berakhir. Jodi mengatakan belum ada kepastian apakah PPKM akan kembali dilanjutkan atau tidak.

Meski kondisi penanganan Covid-19 di Jawa Bali sudah cukup terkendali, namun ia mengatakan kondisi di luar Jawa Bali justru mengalami peningkatan.

“Untuk itu pemerintah akan hati-hati dalam melakukan penyesuaian terhadap masing-masing sektor,” kata Jodi.

Ia mengatakan keputusan akhir perpanjangan PPKM Level 4 akan dilakukan atau tidaknya akan diputuskan besok, alias di akhir masa perpanjangan ketiga.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com