JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

UMS Mewisuda1.448 Lulusannya secara Daring. 10 Wisudawan Berasal dari 6 Negara Asing

Prosesi wisuda Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu 11 Agustus 2021. Foto: UMS

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menggelar wisuda, Rabu 11 Agustus 2021. Kali ini wisuda dilaksanakan secara daring, tidak ada tatap muka dengan wisudawan.

Kondisi pandemi termasuk masih adanya kebijakan perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi pertimbangan pimpinan UMS untuk menggelar wisuda secara daring.

Untuk wisuda kali ini diikuti 1.448 wisudawan yang berasal dari berbagai pelosok daerah. Terdapat 10 wisudawan dari luar negeri yakni dari Jordania (3 orang), Sudan (2 orang), Thailand (1 orang), Zimbabwe (1 orang), Laos (2 orang) dan dari Aljazair (1 orang). Pelaksanaan prosesi wisuda terpusat dari Gedung Edutorium KHA Dahlan Jalan Adi Sucipto.

Baca Juga :  Mulai Uji Coba, KRL Solobalapan-Palur Mulai Beroperasi Juli 2022

Secara akademik, mutu lulusan disebutkan mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Dari jumlah keseluruhan wisudawan tahun ini, sebanyak 504 wisudawan, atau 34% mencapai prestasi memuaskan atau cumlaude.

Wakil Rektor I UMS Bidang Akademik, Riset, Pengabdian, Publikasi dan HAKI, Prof. Dr. Drs. Harun Joko Prayitno, S.E., M.Hum dalam kesempatan ini mengingatkan, agar para wisudawan tetap menjadi pembelajar sepanjang hayat.

“Saya berharap, para wisudawan menjadi pribadi-pribadi mandiri yang berkepribadian Islami, menjadi alumni IKI (Inovator, Kreator, dan Inventor), serta menjadi alumni penggerak perubahan dalam era komunikas global,” kata Harun.

Harun juga berpesan pentingnya mengembangkan talenta dan kompetensi holistik dalam berkehidupan bermasyarakat kepada pada alumni.

Baca Juga :  Ganjar Rajin Sambangi CFD Solo yang Didatangi Ribuan Warga, Kali Ini Ikut Menari dalam Tarian Kolosal Gatot Kaca

Sedangkan Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si berpesan kepada para wisudawan agar mereka selalu mengedepankan filosofi Islam, yaitu mengutamakan ilmu agar memahami setiap sisi kehidupan. “Ilmu merupakan aspek penting bagi alumni dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Sofyan Anif.

Salah satu wisudawan, Raden Adrian Rafli Prasetyo, S.T. yang juga berprestasi memperoleh Award Digital Talent Scholarship Online Academy 2019, sangat senang bisa mengikuti wisuda ini meski dalam bentuk daring mengingat situasi pandemi covid-19 yang belum mereda. Ia berharap agar pandemi segera berakhir sehingga wisuda bisa digelar luring atau tatap muka.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua