JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Hewan Peliharaan Ternyata Juga Dijatah Vaksin Loh, Buktinya Tahun ini Wonogiri Mendapat Kuota 510 Dosis

Unit K-9 Polres Wonogiri diterjunkan dalam sterilisasi tempat ibadah menjelang Paskah. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Vaksinasi ternyata tidak hanya berlaku untuk manusia. Hewan peliharaan saat ini juga mendapatkan suntikan vaksin.

Namun bedanya manusia sekarang ini disuntik vaksin COVID-19. Sedangkan hewan diberikan vaksin rabies. Hal ini berlangsung di Wonogiri.

Kali terakhir Wonogiri mendapatkan jatah vaksin rabies pada 2020 lalu. Sementara tahun ini Kota Gaplek mendapatkan 510 dosis vaksin rabies.

Vaksin ini diberikan secara gratis. Namun pemberian vaksin itu ternyata tidak ada kaitannya dengan kasus rabies di Wonogiri. Untuk diketahui 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng, termasuk Wonogiri hingga kini berstatus bebas rabies.

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri Sutardi mengatakan Wonogiri sudah lama tidak mendapat jatah vaksin rabies gratis. Wonogiri, terakhir sebelum menerima vaksin rabies pada 2020 adalah dasawarsa 1990-an.

“Jadi bantuan tersebut masih berguna, untuk mempertahankan status Jateng bebas rabies,” kata dia, Selasa (28/9/2021).

Vaksinasi gratis kepada hewan peliharaan itu dilaksanakan mulai 28 September 2020 bertepatan dengan Hari Rabies Sedunia. Vaksinasi digelar bekerja sama dengan PDHI Cabang Jawa Tengah IV (Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, dan Klaten).

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

“Di Wonogiri dilaksanakan di 13 lokasi. Meliputi di Puskeswan, praktek dokter hewan mandiri, juga dilakukan di Kantor Dislakpernak Wonogiri,” jelas dia.

Pengadaan vaksin dari Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng dan dari PDHI. Ada 510 dosis vaksin rabies yang didistribusikan. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com