JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Gubernur AAU Beri Kejutan kepada Wagub AAU Marsma Palito di Pagi Buta

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Nanang “Scorpio” Santoso (no 3 dari kiri) dan Wagub AAU Marsma TNI Palito "Flicker" Sitorus (no 4 dari kiri) didampingi staf bersama Dr Aqua Dwipayana (no 3 dari kanan). foto: dok
   

 

JOGJA, JOGLOSEMARNEWS.COM —Wakil Gubernur (Wagub) Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsma TNI Palito “Flicker” Sitorus pada Senin, 27 September 2021 lalu ulang tahun ke-53.

Ucapan selamat ulang tahun yang disampaikan istrinya Imelda Siregar serta ketiga putri tercinta Kezia Victoria, Naomi Bravilia, dan Callysta Feodora mengawali kebahagiaan Palito pada hari itu.

“Flicker” adalah nama panggilan (callsign) Palito sebagai pilot pesawat tempur. Itu nama jenis burung pelatuk Picidae.

Selama menjadi pilot pesawat tempur, Palito telah mendapat amanah mengemudikan tiga jenis pesawat. Masing-masing pesawat Hawk MK-53 Skadron Udara 15 dan pesawat F-5 E/F Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi Kabupaten Magetan, Jawa Timur serta pesawat Sukhoi Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Ucapan selamat ulang tahun kepada Palito pertama kali disampaikan oleh istri tercinta Imelda. Itu dilakukannya sesaat setelah pergantian hari dan jarum jam menunjukkan pukul 24 lewat sedikit.

Beberapa menit kemudian, tepatnya pukul 00.05 pada Senin dini hari, 27 September 2021 Palito mendapat kejutan istimewa dari ketiga putrinya yang sedang berada di Jakarta. Karena mereka ada kesibukan masing-masing sehingga tidak dapat mengucapkan selamat ulang tahun secara langsung kepada papanya yang berada di Yogyakarta.

Saat komunikasi sama papa dan mamanya mereka bertiga bagi tugas. Si sulung Kezia menggendong anjing kesayangan keluarga jenis Spitz dari Jerman yang diberi nama Adler. Artinya Adler adalah yang cepat dan akurat. Sedangkan Naomi memegang laptop yang dipakai buat zoom. Sementara si bungsu Callysta membawa kue ulang tahun lengkap dengan lilin angka 53 yang “ditiup” dari Yogyakarta oleh papanya.

Ketika ketiga putri kesayangannya membuat acara khusus untuk merayakan ulang tahunnya, Palito bahagia sekali. Meski tidak ketemu langsung secara fisik dengan mereka.

Palito yang didampingi istrinya bisa merasakan langsung perhatian yang besar dari ketiga putrinya. Mereka bertiga secara bersama-sama sengaja menunggu pergantian hari, sebagai momen penting buat papanya yang hari itu berulang tahun.

Ketiga putri Palito sangat senang dan bahagia, karena setelah mamanya, mereka yang memberikan ucapan selamat kepada papanya. Ditambah lagi saat mengucapkan selamat ulang tahun mereka terasa makin dekat meski secara fisik berjauhan.

Palito dengan penuh sukacita mengucapkan terima kasih kepada Kezia, Naomi, dan Callysta atas perhatian yang sangat besar dari ketiga putri tercinta. Dia akan mengenang selamanya peristiwa istimewa yang terjadi saat pandemi Covid-19 itu.

 

Kejutan dari Gubernur AAU

Sekitar lima jam lebih sedikit setelah itu, Gubernur AAU Marsda TNI Nanang “Scorpio” Santoso bersama para pejabat AAU dan istri serta 15 orang tarunanya memberikan kejutan yang menyenangkan dan mengesankan kepada Palito.

Di saat banyak orang belum terjaga dari istirahatnya dan sebagian orang masih baru bangun tidur, Nanang bersama para pejabat AAU dan istri serta belasan taruna  mendatangi rumah dinas Palito di kompleks AAU. Waktu itu jarum jam menunjukkan pukul 05.15.

Begitu berada di depan rumah Palito, para taruna tingkat 3 dan 4 yang berpakaian seragam, dengan menggunakan alat musik langsung menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dari Jamrud. Sedangkan sang tuan rumah, Palito dan istrinya Imelda Siregar yang sudah bangun namun masih tiduran di tempat tidur, kaget mendengarkan lagu yang diiringi musik tersebut.

Baca Juga :  Terlibat Keributan Antarkelompok di Yogya, Polisi Amankan Seorang Pemuda Berikut Gesper Besi

“Waktu Pak Nanang dan rombongan berada di depan rumah, kemudian menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” yang dimainkan para taruna, saya kaget sekali. Ketika itu saya sudah bangun tapi masih tiduran. Saya langsung lompat dari tempat tidur. Buru-buru menuju kamar mandi untuk sikat gigi dan cuci muka. Kemudian bersama istri keluar menyambut Pak Nanang dan semua tamu,” ujar pilot pertama pesawat Sukhoi tersebut sambil tersenyum mengenang kejadian pagi itu.

Kemudian kepada Palito diberikan kue ulang tahun warna coklat. Di atasnya ada tulisan sebagai berikut :

27 Sept 21

Happy B’day

“FLICKER”

May all your dreams

Turn Into Reality

Dilanjutkan ucapan selamat ulang tahun dari Nanang. “Selamat ulang tahun Pak Palito. Semoga panjang umur, semua yang dicita-citakan tercapai. Juga mudah-mudahan ulang tahun ini menjadi berkah buat Pak Palito sekeluarga.”

Setelah Nanang mengucapkan selamat ulang tahun, dilanjutkan ucapan yang sama dari para pejabat AAU, istri mereka, dan belasan taruna.

Palito yang masih terlihat kaget didampingi istrinya, dengan penuh sukacita menyambut ucapan selamat ulang tahun itu. Kemudian menyampaikan terima kasih atas semua perhatian besar yang diberikan kepadanya.

Palito yang dua kali menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Pontianak, Kalimantan Barat, sama sekali tidak menyangka pagi itu mendapat kejutan menyenangkan dan mengesankan. Dia hanya memperkirakan begitu tiba di kantor Nanang dan jajarannya memberikan ucapan selamat ulang tahun.

 

Kejutan Berlanjut

Kejutan buat bapak tiga putri itu berlanjut. Beberapa jam kemudian, paginya saat tiba di kantor, Nanang kembali memberikan kejutan kepada Palito.

Jika biasanya ada apel pagi dan dilaksanakan di lapangan, hari itu Nanang memerintahkan untuk memindahkan kegiatan di ruang pertemuan lantai satu kantornya.

Ternyata di ruangan itu sudah ada nasi tumpeng dan aneka makanan lainnya. Bersama para pejabat AAU yang didampingi istri, mereka merayakan ulang tahun Palito.

Kali ini Palito kembali dibuat terkejut. Sama sekali tidak menyangka Nanang membuat acara khusus buat merayakan ulang tahunnya.

“Saya terharu sekali. Begitu besarnya perhatian Pak Nanang kepada saya, hingga dua kali membuat kejutan terkait ulang tahun saya. Bersama keluarga, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Nanang untuk semua atensi tersebut. Seluruh kebaikan beliau bersama jajaran di AAU termasuk para taruna akan saya kenang terus selamanya,” ujar Palito penuh haru.

Saat syukuran ulang tahun Palito sedang berlangsung, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana tiba di AAU. Begitu tahu Dr Aqua datang, Palito langsung mengajak bergabung.

Sebelumnya saat tiba di pintu gerbang AAU, Dr Aqua mendapatkan layanan sangat baik dari Bintara Pengaman fisik Sertu Witanto. Dia memandu mobil yang dinaiki penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu ke tempat rapid tes antigen.

Baca Juga :  Mobil Ayla Tiba-tiba Oleng dan Seruduk Truk Fuso di Bantul, Begini Nasibnya

Untuk mengantisipasi agar tidak terpapar Covid-19, semua tamu di AAU wajib melaksanakan rapid tes antigen. Dr Aqua mengapresiasi kebijakan tersebut.

Tamtama Kesehatan Pratu Dona Prahma Manggala Saputra yang melaksanakan rapid tes antigen kepada Dr Aqua. “Alhamdulillah hasilnya negatif, Pak Aqua,” ungkap Dona sambil memberikan surat hasil rapid tes antigen itu kepada Dr Aqua.

Kemudian Witanto memandu Dr Aqua menuju kantor pusat AAU. Di tempat penerima tamu dia menyampaikan mau ketemu Palito dan sudah ada janji.

Saat ketemu Palito, Dr Aqua langsung berucap, “Selamat ulang tahun ke-53 Bang Palito. Semoga Abang selalu sehat, tetap semangat, dan berbahagia bersama keluarga tercinta.”

Palito mempersilakan Dr Aqua duduk di sebelah Nanang bersama dirinya dan dua pejabat utama AAU. Kemudian mengajak mengambil makanan di tempat nasi tumpeng.

 

Selain mengucapkan terima kasih yang diiringi senyum tulus, Palito yang sangat akrab dengan semua jajaran di AAU mempersilakan mereka untuk makan. Menikmati seluruh hidangan yang ada.

 

Hadiah Sukun

Sehari sebelumnya, Minggu malam, 26 September 2021 Dr Aqua menghubungi Palito. Menyampaikan akan ke Yogyakarta pada Senin pagi dan mau silaturahim ke bapak tiga putri itu.

Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara pada 27 September 1968 tersebut mengatakan ada di kantor dan siap menerima Dr Aqua. Juga menawarkan pinjaman mobil dan sopir untuk menjemputnya di Bandara Adisutjipto buat dipakai selama di Yogyakarta. Karena sudah ada mobil dan pengemudi, Dr aqua tidak menerima tawaran Palito.

“Terima kasih banyak Bang Palito. Saya sudah ada mobil dan sopir,” kata Dr Aqua.

Kemudian Palito menginfokan bahwa dia baru panen sukun. Ada dua buah. Rencananya semua sukun itu akan diberikan kepada Dr Aqua.

Palito tahu bahwa Dr Aqua senang makan sukun. Sebelumnya telah beberapa kali menikmati sukun hasil panen di AAU. Rasanya enak.

“Waktu saya sedang jalan pagi di kompleks AAU, saya melihat ada dua buah sukun. Saya langsung teringat Bang Aqua yang suka sukun. Saya minta tolong anggota untuk mengambilkannya. Saya berniat memberikannya kepada abang. Jadi sukun ini rezeki Bang Aqua,” terang Palito.

Selama Dr Aqua makan sukun di berbagai kota di Indonesia, itu adalah sukun termahal yang pernah dimakannya. Kenapa begitu? Sebab sukun itu pemberian jenderal bintang satu yang sangat rendah hati tersebut.

Sukun itu lebih punya nilai karena diberikannya saat Palito syukuran ulang tahun ke-53. Jadi harinya bersejarah.

Tidak hanya itu. Kejadiannya langka. Biasanya saat ulang tahun, orang yang ulang tahun mendapatkan hadiah. Namun kali ini hadiahnya diperoleh dari yang berulang tahun.

“Jadi kejadian ini langka sekali. Saat Bang Palito ulang tahun, beliau yang memberi hadiah kepada saya yakni dua buah sukun yang enak. Semestinya saya yang kasih hadiah ke Bang Palito. Karena pemberinya marsekal sehigga nilai sukunnya jadi mahal,” tutur Dr Aqua sambil tertawa dengan penuh rasa syukur. (ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com