JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Muscab Demokrat Sragen Mulus, Mas Bro Kembali Terpilih Aklamasi untuk Periode 2021-2026. Langsung Isyaratkan Perombakan

Budiono Rahmadi saat menyerahkan bendera partai kepada pengurus DPC Demokrat Sragen setelah kepengurusan dinyatakan demisioner dalam Muscab ke-3 di Semarang kemarin. Budi kembali mendapat dukungan mutlak dari semua PAC sebagai calon tetap yang akan diusulkan ke DPP. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Suksesi kepemimpinan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat berjalan mulus sempurna.

Seolah tanpa rintangan, Ketua DPC Budiono Rahmadi kembali terpilih secara aklamasi sebagai calon tunggal dan tetap untuk menduduki tampuk Ketua DPC Sragen periode 2021-2026.

Politisi yang akrab disapa Mas Bro itu secara mutlak mendapat dukungan aklamasi dari semua Ketua PAC di 20 kecamatan.

Dukungan itu diberikan saat digelar musyawarah cabang (Muscab) ke-III yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jawa Tengah kemarin.

Wakil Ketua DPC Demokrat Sragen, Heru Hernando menyampaikan Muscab yang digelar di Semarang kemarin berjalan sangat lancar.

Sragen masuk dalam 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang sudah menyelesaikan Muscab.

Bahkan dari 21 daerah itu, Sragen termasuk paling cepat lantaran semua PAC pemilik hak suara, secara mutlak kembali menyatakan dukungan kepada Mas Bro.

“Kemarin Sragen termasuk gelombang pertama dan lancar. Semua pemilik hak suara dan PAC memberi dukungan mutlak ke saudara Budiono Rahmadi sebagai calon tunggal. Setelah diplenokan, kemudian ditetapkan menjadi calon,” paparnya kepada wartawan di Sekretariat DPC Demokrat Sragen, Jumat (1/10/2021).

Budiono Rahmadi (kiri) dan Heru Hernando (kanan). Foto/Wardoyo

Heru yang bertindak sebagai OC dalam Muscab menyampaikan gelaran Muscab dipimpin satu perwakilan DPP, DPD, satu OC dan SC.

Selain dukungan suara, pada sesi pertama, semua PAC juga menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban (LPj) kepemimpinan sebelumnya yang disampaikan Budiono.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Setelah menjadi calon tetap, nantinya DPD akan mengajukan Mas Bro ke DPP. Selanjutnya DPP akan memanggil dan melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Dari hasil fit and proper test itulah nantinya DPP baru akan menetapkan sebagai Ketua DPC terpilih. Mekanisme ini memang agak berbeda dengan Muscab sebelumnya yang langsung menentukan ketua terpilih.

“Nah setelah dinyatakan terpilih, Ketua DPC akan menerima SK dan mandat untuk menyusun tim formatur yang terdiri dari 11 orang. Formatur itulah yang nantinya diberi kewenangan menyusun struktur kepengurusan mulai dari Sekretaris, Bendahara dan sebagainya,” terangnya.

Meski masih menunggu fit and proper test di DPP, jajaran Demokrat Sragen berkeyakinan Mas Bro tetap akan mulus untuk mendapatkan SK dari DPP.

Pasalnya, hanya dalam kurun satu dua tahun memimpin Demokrat Sragen, ia sudah mampu menaikkan raihan kursi DPRD dari 3 ke 5 kursi pada Pileg 2019 lalu .

“Makanya kami yakin akan lancar, paling tidak satu dua hari lagi akan dipanggil DPP dan dimintai visi misinya,” jelasnya.

Bersamaan dengan Muscab ini, status Ketua DPC Sragen saat ini juga dinyatakan demisioner.

Rombak Kepengurusan, Target 10 Kursi

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

Sementara, Budiono Rahmadi tak menampik dirinya memang terpilih sebagai calon tunggal dan calon tetap pada Muscab untuk kembali memimpin Demokrat Sragen.

Ia bahkan bersyukur prosesi Muscab untuk Sragen relatif sangat lancar dan semua PAC memberi dukungan mutlak kepadanya.

“Alhamdulillah Sragen masuk dalam 21 DPC yang sudah merampungkan Muscab. Dan Alhamdulillah berjalan dengan baik. Iya saya kembali ditunjuk jadi calon calon tetap dan tinggal diajukan ke DPP,” jelasnya.

Budiono Rahmadi “Mas Bro”. JSNews/Yok

Dengan tinggal menunggu formalitas pengesahan dari DPP, Mas Bro pun optimistis bisa kembali dipercaya untuk memimpin Demokrat Sragen 5 tahun ke depan.

Soal wacana ke depan jika sudah dilantik, ia mengaku akan segera melakukan perombakan kepengurusan di DPC maupun PAC.

Hanya saja perombakan lebih pada penataan pengurus yang akan disesuaikan dengan potensi dan kemampuannya agar bisa menjalankan roda kepartaian secara optimal.

“Semua pengurus tetap akan kita pakai. Namun kita lakukan penyesuaian dan penataan. Misalnya potensinya di bidang ini, akan kita geser saja. Yang jelas target kami 2024, kursinya bisa naik dari 5 saat ini menjadi setidaknya 9 kursi. Syukur bisa jadi 10 kursi jika memang ada kenaikan jumlah kursi jadi 50 kursi di DPRD. Insya Allah dengan kerja keras dan semangat, bisa terwujud,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com