JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Polresta Solo Musnahkan 1.259 Knalpot Brong Hasil Operasi Maret-Oktober, Ternyata Ini Lho Pemiliknya

Jajaaran Polresta Solo memunskahkan 1.259 knalpot kendaraan tak berstandar pabrik alias knalpot brong, Senin (11/10/2021). Istimewa
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Jajaaran Polresta Solo memunskahkan 1.259 knalpot kendaraan tak berstandar pabrik alias knalpot brong.

Pemusnahan itu dipimpin langsung Kapolresta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak berlangsung di Halaman Mapolresta I, Senin (11/10/2021) dengan cara digilas stoom dan dipotong.

“Kami laksanakan pemusnahan knalpot yang tidak sesuai dengan standar spesifikasi teknis dan pabrik. Langkah ini sebagai tindakan tegas penggunaan kendaraan yang tidak layak jalan,” kata Ade Safri kepada awak media usai pemusnahaan.

Baca Juga :  Soal Koalisi Dengan PDIP, Gibran: Semua Bisa Dibicarakan

Ade memaparkan, selain meresahkan masyarakat, penggunaan knalpot brong juga membahayakan pengendara itu sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Pengendara atau pengguna jalan yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang telah ditentukan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Dalam Pasal 285 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan bahwa setiap pengendara di jalan wajib memenuhi syarat teknis dan laik jalan.

“Jadi, dari 1.259 penindakan, dilakukan penyitaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifik tehnis itu. Kami lantas melakukan pemusnahan barang bukti sebanyak 1.259 knalpot brong ini,” jelas dia.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

Sementara itu, Kasatlantas Kompol Adhityawarman Gautama Putra menambahkan, mayoritas yang melintas menggunakan motor berknalpot brong bukan warga Kota Solo.

“Memang rata-rata bukan orang Solo. Sebagian besar dari daerah-daerah di sekitar. Namun ada juga yang dari Jogja maupun Bandung,” tegas dia.

Adhyt menambahkanm dari sejumlah kendaraan yang terjaring razia tersebut, sekitar 800 di antaranya adalah sepeda motor. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com