JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

SELAMAT! 173.329 Guru Honorer Lolos Seleksi Pertama PPPK 2021

Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. Foto/Tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 173.329 guru honorer dinyatakan lolos seleksi pertama guru aparatur sipil negara pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim dalam konferensi pers, Jumat (8/10/2021).

“Dengan sangat bahagia saya mengumumkan pada ronde pertama ini, dari 322.665 formasi yang dilamar, 173.329 guru honorer akan diangkat menjadi PPPK,” kata Nadiem Makarim.

Nadiem menegaskan bahwa hasil seleksi ini baru ronde pertama. Nadiem juga menyebut, angka itu merupakan yang terbesar dan bersejarah dalam perekrutan guru ASN.

Baca Juga :  Sulitnya Pertemuan Jokowi-Megawati, Politikus PDIP: Kesalahan Jokowi Jauh Lebih Banyak Ketimbang SBY

Bagi yang belum lolos, pemerintah masih memberikan kesempatan mengikuti seleksi guru ASN PPPK tahap kedua dan ketiga pada tahun ini.

“Tiap guru honorer diberi 3 kesempatan ambil tes seleksi, sehingga bisa ambil jangka waktu untuk belajar dan coba lagi,” katanya.

Untuk guru honorer yang lolos passing grade namun tidak dapat formasi, Nadiem mengatakan dalam seleksi kedua dan ketiga akan ada optimalisasi formasi di mana pemerintah akan membantu dan mendukung mereka menemukan posisi dan lowongan formasi.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Menurut Nadiem, peserta yang sudah lolos passing grade namun belum dapat formasi juga punya opsi, yaitu ikut registrasi ronde kedua atau ketiga PPPK Guru 2021 tanpa mengambil tes ulang.

“Tapi kalau ingin mencoba dapat angka lebih tinggi juga diperbolehkan. Sehingga ranking mereka dalam seleksi formasi lebih tinggi,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com