JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Covid-19 Melandai, Kunjungan Pasien di RSU Waras- Wiris Meningkat

Suasana pendaftaran pasien di RSUD Waras-Wiris Boyolali / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seiring menurunnya pandemi Covid-19, angka kunjungan pasien RSU Waras-Wiris, Kecamatan Andong mengalami peningkatan. Kenaikan mulai terlihat sejak bulan Oktober lalu.

Bahkan, kondisi tersebut juga berdampak positif terhadap pendapatan rumah sakit milik Pemkab Boyolali tersebut.

Kenaikan pendapatan hingga 100 persen. Dimana sebelumnya hanya sekitar 250 juta, kini sudah naik menjadi Rp 500 juta.

“Sejak bulan Oktober, pasien Covid-19 juga sudah zero atau tak ada,” ujar Dirut RSU Waras- Wiris, Sherly Jeanne Kilapong, Selasa (30/11/2021).

Dijelaskan, untuk kunjungan pasien rawat jalan rata- rata ada 100 pasien/ hari. Rawat inap terisi 30 persen, meskipun mayoritas kelas III. Pasien didominasi dari kawasan Boyolali utara.

Baca Juga :  Boyolali Terima 1.500 Dosis Vaksin PMK untuk Sapi

“Selain wilayah Andong, juga Nogosari, Klego, Wonosegoro, Juwangi dan Wonosamodro. Namun ada pula yang dari wilayah Kabupaten Grobogan.”

Tak hanya kenaikan jumlah pasien, Kabar positif lain pun juga berhembus dari RSU Waras- Wiris. Ya, rumah sakit itu bakal segera naik kelas menjadi tipe C. Saat ini pihaknya masih menyelesaikan administrasi pendukung.

“Namun demikian dari sisi fasilitas, diyakini sudah memenuhi persyaratan. Misal, jumlah tempat tidur minimal 100 buah, kami sudah memiliki 101 tempat tidur.”

Persyaratan lainnya, dari sisi sarana dan parasarana, SDM dan kompetensi. Untuk SDM, RSU Waras- Wiris memiliki sejumlah dokter spesialis. Antara lain, dokter spesialis bedah, spesialis penyakit dalam, anaestesi, radiologi dan dokter spesialis anak.

Baca Juga :  Boyolali Sudah Terima Vaksin PMK 1.500 Dosis, Besok Mulai Vaksinasi

“Juga sudah ada dokter spesialis jiwa dan spesialis syaraf. Peralatan juga canggih. Ada CT scan 128 slide dan X-Ray panoramic.”

Ditemui terpisah, Asisten II Sekda, Insan Dwi Asmono mengungkapkan, dua rumah sakit milik Pemkab didorong naik ke tipe C. Yaitu, RSU Waras- Wiris Kecamatan Andong dan RSU Simo.

“Kenaikan tipe juga bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.  Waskita

Bagi Halaman