JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ingat! Korban Cabul Baturetno Giritontro Wonogiri dan Pelakunya Jangan Sampai Dinikahkan, Penyelesaiannya Harus Pakai ini

Bupati Wonogiri
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menegaskan tak mentoleransi sedikitpun perbuatan kekerasan terhadap anak, termasuk pencabulan terhadap anak di bawah umur. Tak boleh ada ruang sekecil apapun bagi terciptanya peluang kasus yang sama ke depan.

Semua pihak termasuk masyarakat diminta turut aktif akan hal itu. Semua temuan kasus didorong untuk masuk ke ranah hukum. Ini agar ada efek jera dan muncul pembelajaran di ranah publik.

Dia juga meminta kepada para tokoh masyarakat, jika ditemui kasus serupa jangan sampai diselesaikan dengan pernikahan.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Jateng Senin 30 Januari 2023, Waspada Banjir Longsor Angin Kencang di Wilayah ini

“Kalau sudah dinikahkan, dua tiga bulan bercerai siapa yang mau bertanggung jawab? Di beberapa wilayah, mungkin karena faktor tertentu dinikahkan selesai,” tegas Bupati, Senin (15/11/2021).

Menikah menurut Bupati, tidak menyelesaikan masalah karena berangkat dari kondisi yang tidak normal. Kalau menikah lalu pada akhirnya bercerai yang dirugikan adalah pihak perempuan.

Jika berakhir di perceraian, perempuan yang dirugikan bisa terganggu tumbuh kembang, mental dan juga anaknya. Persoalan itu, menurut dia sangat krusial.

Baca Juga :  Safari Salat Subuh Dimulai, Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah Sampaikan Doa Seperti ini

Jekek-sapaan akrabnya-mendorong sensitifitas lingkungan harus ditingkatkan. Hal ini agar tidak terjadi kasus-kasus yang melanggar undang-undang perlindungan anak (UUPA) dalam skala yang lebih tinggi.

Menurut Jekek, banyaknya kasus kekerasan terhadap anak di Wonogiri disebabkan oleh sejumlah persoalan. Misalnya, orang tua anak yang merantau yang mengakibatkan si anak tinggal di rumah bersama kakek/nenek maupun anggota keluarga yang lain hingga kurang mendapatkan pendampingan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com