JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

KPID Jateng Minta Jam Tayang Konten Lokal Dibenahi, Mayoritas Program  Lokal Tayang Dini Hari

 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menyoroti ditempatkannya siaran lokal dari stasiun televisi jaringan nasional pada jam siar yang kurang strategis sehingga kemungkinan besar sulit dijangkau pemirsa.

Televisi nasional yang berjaringan di daerah harus memberikan porsi siaran lokal, namun praktiknya siaran konten lokal itu diitaruh di jam-jam yang kurang strategis misalnya pada dinihari. Hal itu diperoleh dari hasil pemantauan yang dilakukan tim pemantau KPID Jateng terhadap konten-konten lokal dari televisi berjaringan.

“Padahal tegas dinyatakan di dalam aturan Standar Program Siaran (SPS) bahwa minimal 30% siaran lokal harus disiarkan pada jam siar utama atau prime time. Ini yang belum bisa dipenuhi oleh TV SSJ,” tegas Ari Yusmindarsih, Komisioner KPID Jateng Bidang Isi Siaran, dalam siaran pers yang diterima redaksi JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (4/11/2021).

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari Ini Rabu, 24 November 2021: Magelang dan Pekalongan Hujan Lebat, Solo Raya Hujan Ringan!

“Mayoritas tayang dini hari, jarang sekali orang bangun jam segitu untuk nonton TV. Sayangnya saat memasuki Bulan Ramadhan, di mana jam dini hari menjadi prime time, jam siarnya kegeser lagi ke jam siar tidak strategis lainnya. Cuma ada dua program yang tayang siang hari, antara pukul 12.00 hingga 14.00, isinya berita lokal yang sering kali di-mix dengan berita nasional juga,” papar Ari menambahkan.

Dikatakan Ari, mengacu pada Undang-undang 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, dijelaskan bahwa sistem penyiaran nasional dikembangkan dengan membentuk stasiun jaringan dan stasiun lokal (Pasal 6).

“Ketentuan tersebut diatur lebih detil dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2005 tentang Lembaga Penyiaran Swasta bahwa relai tetap dalam lingkup sistem stasiun jaringan maksimal 90% untuk televisi (Pasal 17),” katanya.

Baca Juga :  Diyakini Mampu Selesaikan Masalah, Tol Semarang-Demak Seksi II Ditargetkan Rampung di Hari Sumpah Pemuda 2022

Regulasi di atas kemudian diterjemahkan lebih teknis dalam Pasal 68 Ayat (1) Peraturan KPI tentang Standar Program Siaran (SPS) yang menyatakan bahwa “program siaran lokal wajib diproduksi dan ditayangkan dengan durasi paling sedikit 10% (sepuluh per seratus) untuk televisi dan paling sedikit 60% (enam puluh per seratus) untuk radio dari seluruh waktu siaran berjaringan per hari.”

Dalam rangka pemenuhan ketentuan-ketentuan di atas, televisi sistem stasiun jaringan (TV SSJ) menyiarkan konten lokal yang dipancarkan dari stasiun setempat.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua