JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga: SDM Pendidikan dan Kesehatan Perlu Diperkuat Secara Digital

Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah memprioritaskan penguatan sumber daya manusia (SDM) di era digital secara merata, baik itu di daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

Penguatan SDM secara digital tersebut menjadi penting, terutama pada masa pandemi, di mana Indonesia membutuhkan SDM yang inovatif.

“Selain inovatif juga mampu beradaptasi di sektor pendidikan dan kesehatan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran maupun pelayanan kesehatan,” papar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam wisuda Akademi Keperawatan Dharma Insan, Akademi Kebidanan Santa Benedicta dan STKIP Pamane Talino Tahun 2021, secara virtual, Senin (15/11/2021).

Baca Juga :  Semula WNA dari 8 Negara yang Ditolak Masuk Indonesia, Kini Malah Ditambah Jadi 11 Negara Termasuk Hongkong

Untuk itu, menurut Menko Airlangga, Pemerintah terus menggaungkan pengembangan talenta digital melalui Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship dan Digital Leadership Academy.

“Ketiga program tersebut akan membantu pengembangan keterampilan digital dari level basic hingga advance. Talenta digital juga diharapkan bisa memutakhirkan sektor pendidikan maupun kesehatan,” katanya, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Airlangga menjabarkan, pada tahun 2020 pengguna aktif aplikasi Edutech Indonesia tumbuh signifikan hingga mencapai 200% (Wordbank, 2020).

Baca Juga :  Program Kemitraan Agribisnis Closed Loop Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Peningkatan pengguna juga terjadi pada sektor Healthtech (telemedicine) yang 5 tahun ke depan diprediksi penggunanya di Asia Pasifik akan meningkat sebesar 109% (Google, Temasek, Brain & Co, 2020).

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua