JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Program Kartu Prakerja Berperan dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah

Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejak resmi dibuka pada Februari tahun 2020, sebanyak 11,4 juta penduduk di seluruh Indonesia telah menjadi penerima Program Kartu Prakerja.

Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa program pemerintah tersebut sangat diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan, Program Kartu Prakerja memang menjadi salah satu dari beberapa program pemerintah yang menjadi andalan dalam menguatkan UMKM di masa pandemi.

“Di samping ada juga program Kredit Usaha Rakyat (KUR),” papar Menko Airlangga, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Dijelaskan, keahlian yang diterima dari mengikuti program tersebut, selanjutnya didukung juga oleh Pemerintah dengan pembiayaan usaha melalui KUR, sehingga para penerima Program Kartu Prakerja yang menjadi wirausaha bisa mengembangkan usahanya.

Baca Juga :  Ribuan Pejuang Garda Depan Lawan Covid-19 Terima Nutrisi dan APD

Airlangga mencontohkan, pada masa pandemi, Pemerintah memberikan subsidi bunga KUR sebesar 6% di tahun 2020, dan kemudian sebesar 3% pada tahun 2021.

Hal itu terbukti mampu menyangga UMKM untuk terus melakukan usahanya di masa pandemi. Hal ini terlihat dari pertumbuhan UMKM di masa pandemi yang tetap meningkat diiringi dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang telah berada di jalur positif.

Menko Airlangga telah beberapa kali berdialog langsung dengan para alumni Program Prakerja dan penerima KUR di daerah-daerah Indonesia.

Baca Juga :  Pemerintah Kembangkan Industri Sektor Kesehatan

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga mendengarkan kisah-kisah perjuangan dan kesukseskan para alumni Program Kartu Prakerja.

Dalam berbagai kesempatan itu, Airlangga juga selalu meyakinkan masyarakat bahwa Pemerintah hadir dengan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada masyarakat.

“Termasuk adanya Program Kartu Prakerja yang disertai dengan penyaluran KUR untuk para alumni Program Kartu Prakerja yang bewirausaha,” ujarnya.

Sebagai apresiasi atas antusias dan partisipasi masyarakat terhadap Program Kartu Prakerja, kegiatan dialog dengan alumni Program Kartu Prakerja ini dilanjutkan ke Kabupaten Garut, Povinsi Jawa Barat pada Jumat (26/11/2021).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua