JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Solusi Atasi Banjir Mungkung, Ruas Jalan Mungkung-Pungkruk Kini Dinaikkan Hingga 1 Meter dan Diperlebar Jadi 9 Meter

Proyek rekonstruksi dan peninggian jalan di ruas Mungkung-Pungkruk untuk mengatasi banjir yang kerap menggenangi dan menghambat lalu lintas di ruas itu. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Musibah banjir yang selalu menggenangi ruas jalan di Mungkung, Jetak, Sidoharjo, dipastikan tidak akan terjadi lagi.

Pasalnya jalan tersebut kini tengah diperbaiki dengan cara diperlebar dan ditinggikan. Ketinggian jalan bakal dinaikkan hingga 80 sampai 1,1 meter dan lebar jalan ditambah hingga 9 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sragen, Marija mengatakan perbaikan atau rekonstruksi jalan itu dilakukan antara ruas Jembatan Mungkung sampai dekat Pungkruk.

Rekonstruksi dilakukan dalam rangka mengatasi problem banjir luapan Sungai Mungkung yang selama ini sering menggenangi ruas jalan itu acapkali hujan deras mengguyur.

“Selama ini kalau hujan deras dan banjir kan jalan Mungkung menuju Pungkruk itu terputus nggak bisa dilewati karena tergenang. Setelah kita analisa dan kita rencanakan dengan matang, solusinya peninggian jalan dan sekarang sedang dikerjakan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (11/11/2021).

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

Menurutnya peninggian jalan diyakini bisa menjadi solusi untuk banjir yang hampir tiap tahun terjadi di ruas jalan Mungkung-Pungkruk.

Selama ini, ketinggian banjir bisa mencapai 80 sentimeter sehingga kerap menghambat lalu lintas karena jalan tak bisa dilalui kendaraan.

Padahal jalur itu menjadi akses utama dari Sragen maupun Surabaya menuju Solo.

“Jadi kalau sudah ditinggikan, nanti meskipun hujan deras atau banjir, jalan tetap bisa dilewati. Karena ketinggiannya kita naikkan sekitar 80 sentimeter,” urainya.

Kepala DPUPR Sragen, Marija. Foto/Wardoyo

Kemudian lebar jalan yang sekarang hanya 6,5 meter, akan diperlebar menjadi 9 meter dengan 7 meter yang diaspal.

Dengan ditinggikan, maka nantinya ketinggian ruas jalan dari Jembatan Mungkung ke Pungkruk akan sama. Meski diperlebar jadi 9 meter, ruas jalan Mungkung-Pungkruk nantinya masih tetap dibuat dua lajur.

Baru tahun depan, akan dilanjutkan peningkatan menjadi empat lajur mulai dari Pungkruk hingga Gambiran.

Pelebaran itu sekaligus menyesuaikan lebar jalan protokol di wilayah kota dan jalan nasional dari Solo-Pungkruk.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

“Jalan Pungkruk sampai Alun-alun ini statusnya jalan kabupaten. Sekarang kita lebarkan dan tinggikan di Mungkung, tahun depan akan dilanjutkan diperlebar jadi empat lajur sampai kota,” tandasnya.

Relawan PMI Sragen saat melakukan assesment di lokasi dampak banjir di Mungkung, Sidoharjo, Jumat (27/12/2019). Foto/Wardoyo

Kabid Bina Marga, Albert Pramono Susanto menambahkan peninggian ruas jalan di Mungkung bahkan ada yang sampai 1,1 meter dari kondisi semua.

Peninggian itu memang sangat penting lantaran selama ini jika hujan deras dan banjir, tidak ada lagi jalur alternatif yang bisa dilalui kendaraan dari arah Sragen menuju Solo.

“Jadi nanti kita tarik dari pertigaan Pungkruk itu lurus dari Jembatan Mungkung. Lebarnya kita tambah sampai menghabiskan daerah milik jalan. Jadi nantinya tambah lebar dan tinggi sehingga kalau hujan deras tetap bisa dilewati,” tandasnya.

Pengerjaan rekonstruksi itu direncanakan selesai dalam waktu 70 hari kontrak sejak Oktober sampai bulan depan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com