JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Terdaftar Ilegal, Dinas ESDM Jateng Sebut 2 Galian C di Gondang Sragen Termasuk Pencurian Harta Negara. Polisi Diminta Menindak Tegas!

Joko Wiyanto. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Energi Sumberdaya dan Mineral Provinsi Jawa Tengah memastikan dua tambang galian C yang beroperasi di wilayah Kecamatan Gondang Sragen, belum mengantongi izin resmi alias ilegal.

Karenanya, operasional dua penambangan itu layak untuk dihentikan dan ditutup. Dua lokasi galian C ilegal itu terdeteksi berada di dekat Bumi Perkemahan Desa Tegalrejo, Gondang dan di Dukuh Tempel, Desa Srimulyo, Kecamatan Gondang.

Hal itu disampaikan Kasi Mineral dan Batubara Dinas Energi Sumberdaya dan Mineral Jawa Tengah, Joko Wiyanto, Kamis (25/11/2021).

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia mengatakan berdasarkan data penambangan galian C yang terdaftar sudah berizin, dua lokasi di Kecamatan Gondang Sragen tidak masuk daftar.

Sehingga dipastikan jika beroperasi maka keberadaannya belum mengantongi izin resmi.

Baca Juga :  27.953 Siswa SD di Sragen Dibidik 3 Imunisasi Serentak Mulai Hari Ini. Bahaya Penyakit Campak, Tetanus dan Difteri Ternyata Bisa Sebabkan Kelumpuhan Hingga Kematian!

“Setelah kami cek, dua lokasi galian C di Tegalrejo dan Srimulyo Gondang itu tidak ada di daftar yang sudah berizin. Jadi itu termasuk ilegal,” paparnya.

Joko menguraikan karena tidak mengantongi izin, maka operasionalnya bisa dikategorikan sebagai tindak pidana.

Aktivitas penambangan yang dilakukan ilegal juga termasuk pencurian harta negara. Karena tidak ada kontribusi atau pajak ke negara.

Hanya saja kewenangan penindakan atau penutupan, ada di ranah aparat penegak hukum dalam hal ini kepolisian. Pihaknya pun berharap aparat bisa proaktif melakukan penindakan dan penertiban terhadap aktivitas galian C ilegal tersebut.

“Kewenangan menindak ada di Polri. Karena galian C ilegal itu sudah kategori tindak pidana. Istilahnya melakukan kegiatan pencurian harta negara, karena dia tidak bayar pajak atau apa ke negara,” tegas Joko.

Baca Juga :  Menangi Kontes Busana Jawa, Intan Thomas Dinobatkan Jadi Wanita Teranggun di Kabupaten Sragen. Ketua GOW Ajak Nguri-Uri Busana Kebaya

Selain Polri, Satpol PP sebagai ni penegak Perda di daerah, juga punya kewenangan untuk melakukan penertiban.

Sebab kegiatan penambangan ilegal pada prinsipnya adalah kejahatan yang kegiatannya terlihat secara kasat mata.

“Jadi semua kejahatan, kalau melihat langsung sebenarnya siapapun pun bisa menertibkan. Apalagi itu aparat kabupaten,” tandasnya.

Nekat Beroperasi

Sebelumnya, dua titik galian C di Gondang itu menjadi sorotan Komisi III DPRD.

Ketua Komisi III, Sugiyarto mengatakan data yang diterimanya, hanya ada 6 titik penambangan galian C yang sejauh ini sudah berizin. Sisanya ada belasan titik yang ditengarai nekat beroperasi tanpa izin.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua