JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Waspadai Radang Sendi, Cek Penyebabnya dan Simak Cara Mengatasinya

Ilustrasi radang sendi / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Biasanya, keluhan radang sendi dialami oleh orang-orang lanjut usia. Namun sekarang, orang di bawah 65 tahun bahkan dapat mengalami keluhan serupa.

Terdengar lebih aneh lagi, ketika radang sendi dialami oleh anak-anak. Tapi ini adalah nyata. Radang sendi pada anak-anak juga merupakan fenomena umum yang dikenal sebagai radang sendi masa kanak-kanak atau radang sendi remaja.

Jenis yang paling umum adalah radang sendi idiopatik remaja (JIA).

Sesuai Global RA Network 2021, lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia terdeteksi menderita masalah ini. Yang cukup mengkhawatirkan, tidak ada cara khusus untuk menentukan mengapa hal itu terjadi.

Arthritis adalah peradangan sendi, gangguan umum yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini dapat terjadi di kaki, tangan, pinggul, lutut, punggung bawah, dan bagian tubuh lain.

Konon, radang sendi adalah istilah umum untuk lebih dari 100 masalah sendi yang berbeda. Namun, beberapa jenis radang sendi yang paling umum adalah sebagai berikut:

Osteoarthritis

Kondisi ini terjadi ketika sendi digunakan secara berlebihan, yang menyebabkan keausan.

Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan menyerang berbagai bagian tubuh, terutama persendian.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Psoriatic arthritis

Penderita psoriatic arthritis mengalami peradangan pada kulit dan persendian.

Asam urat

Kondisi ini merupakan hasil dari pembentukan kristal asam urat di sendi.

Juvenile arthritis

Ini adalah gangguan yang menyerang anak-anak berusia 16 tahun ke bawah, termasuk penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan di sekitar sendi.

 

Mengingat radang sendi dapat terdiri dari banyak jenis, penyebabnya dapat bervariasi yang satu dan yang lain berbeda-beda.

Seperti disebutkan di atas, rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bingung setelah infeksi dan menyerang jaringan tubuh, yang menyebabkan radang sendi, lebih lanjut menyebar ke bagian lain tubuh, menyebabkan lebih banyak kerusakan dari sebelumnya.

Sementara penyebab pasti dari kondisi ini belum dikonfirmasi, para ahli percaya riwayat keluarga RA atau penyakit autoimun lain dapat membuat orang lebih rentan terhadap kondisi ini.

Kegemukan

Salah satu jenis radang sendi yang paling umum adalah osteoarthritis, yang disebabkan sendi digunakan secara berlebihan dan menyebabkan keausan. Meskipun umumnya merupakan hasil dari penuaan, itu juga dapat terjadi karena obesitas. Menurut para ahli, obesitas dapat menjadi penyebab signifikan dari osteoarthritis karena kondisi memberikan banyak tekanan pada sendi.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Area sendi yang menanggung beban paling berat seperti pinggul, kaki, lutut, adalah tempat paling umum yang terkena. Gejalanya mungkin termasuk nyeri pada persendian, nyeri saat berjalan, kekakuan bahkan saat beristirahat, dan ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berpakaian, menyisir rambut, menaiki tangga, dan banyak lagi.

Tekanan berulang pada persendian atau cedera

Ketika persendian mulai aus, itu berarti Anda menderita osteoartritis. Sementara usia adalah faktor risiko paling umum untuk kondisi ini, cedera sendi tertentu yang merusak jaringan tulang rawan juga dapat menyebabkan osteoartritis. Tulang rawan adalah jaringan ikat fleksibel yang membantu melindungi sendi dari tekanan eksternal yang berlebihan. Namun, begitu mulai aus, itu bisa melemahkan persendian.

Merokok atau kurang aktivitas fisik

Faktor gaya hidup juga dapat menyebabkan radang sendi. Merokok dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak diyakini membuat lebih rentan terhadap berbagai jenis radang sendi. Meskipun tidak ada bukti konklusif, merokok dikatakan mengurangi fungsi kekebalan tubuh, yang selanjutnya terkait perkembangan rheumatoid arthritis. Konon, mereka yang sudah memiliki kondisi tersebut, merokok dapat memperburuk gejala dan prognosis, seperti yang dilaporkan dalam studi 2014 dari RS Perempuan Brigham di Boston.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com