JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kodim 0727 Karanganyar dan Pemkab Berangkatkan 3 Truk Bantuan untuk Korban Semeru ke Lumajang

Bupati Karanganyar, Juliyatmono melepas bantuan yang akan dikirim untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kolaborasi kilat Kodim 0727 Karanganyar bersama Pemkab setempat dan spontanitas masyarakat berhasil menghimpun bantuan logistik kebutuhan sehari-hari sebanyak tiga truk untuk disumbangkan kepada korban Gunung Semeru.

Hebatnya lagi pengumpulan logistik tersebut dilakukan spontan hanya sehari saja terkumpul tiga truck penuh.

Pun pemberangkatan logistik tersebut dilakukan melalui upacara resmi yang dipimpin Bupati Karanganyar Juliyatmono MM di Halaman Makodim 0727 Karanganyar, Rabu (8/12/2021).

Selanjutnya dilakukan pelepasan pemberangkatan ketiga truck tersebut menuju Lumajang, Jatim oleh Bupati Karanganyar.

Dndim 0727 Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo mengatakan bantuan tersebut diinisiasi oleh Kodim hendak memberangkatkan sendiri, namun mengingat animo masyarakat yang ingin membantu dan juga dari Pemkab Karanganyar maka akhirnya bantuan dari tiga  unsur itu dijadikan satu.

“Dalam hal urusan kemanusiaan bagi kami anti debat yang terpenting adalah ikhlas dan cepat dan tepat maka Kodim pun bergerak kilat mengumpulkan logistik lalu esoknya diberangkatkan ke Lumajang,” tandas Dandim di sela acara pemberangkatan logistik tersebut.

Untuk itu lanjut Dandim, proses pengumpulan logistik tergolong cepat hanya butuh sehari saja dengan memprioritaskan kecepatan.

“Sebenarnya banyak sekali masyarakat yang mau membantu tapi kami prioritaskan bantuan yang sudah siap alias tidak menunggu,” tegasnya.

Adapun untuk bantuan dari masyarakat yang belum bisa diberangkatkan pada kloter pertama ini akan dihimpun lagi bersama bantuan dari pemerintah untuk diberangkatkan kloter kedua.

Pasalnya penanganan bencana itu harus mempertimbangkan keberlangsungan kontinue dan bukan sesaat saja.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bantuan tersebut dipastikan tepat sasaran karena dikirim langsung ke Posko BPBD di Lumajang sehingga satu pintu.

Dengan begitu diharapkan tidak terjadi over lapping mengingat banyak juga bantuan mengalir dari berbagai daerah.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono MM memberikan apresiasi besar terhadap kesigapan dan kecepatan Kodim 0727 Karanganyar menghimpun bantuan.

“Luar biasa kami salut Kodim bergerak begitu cepat mulai dari merencanakan hingga realisasi hanya butuh waktu tiga hari terkumpul tiga truck logistik full muatan,” tandas Bupati.

Bupati berharap kinerja ala Kodim 0727 Karanganyar tanggap bencana ini bisa dicontoh termasuk oleh Organisasi Perangkat Daerah OPD Pemkab Karanganyar yang saat ini tengah menghimpun bantuan. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com