JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Normalisasi Kali Krisak Selogiri Wonogiri, BBWSBS Terjunkan Alat Berat

Normalisasi sungai
Alat berat diterjunkan untuk proses normalisasi Kali Krisak Selogiri Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Proses normalisasi Kali Krisak mulai dikerjakan. Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menerjunkan alat berat untuk mengeruk sedimentasi.

Alat berat yang diterjunkan menggarap pengerukan di Kali Krisak. Tepatnya di jembatan perbatasan antara desa Desa Gemantar dan Kelurahan Kaliancar Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

Untuk diketahui, pada pertengahan November lalu, aliran Kali Krisak di lokasi itu sempat terganggu. Pasalnya, timbunan barongan dan carang atau bangkai bambu tersangkut di bawah jembatan.

Baca Juga :  Kondisi Terkini Pasar Hewan Slogohimo Wonogiri, Pasca Pemkab Lockdown Semua Pasar Hewan

Barongan mengakibatkan aliran air tersumbat. Bahkan, saat hujan deras air kali sempat meluap karena tersumbat hingga menggenangi area pemukiman warga.

Warga sempat bergotong royong membersihkan rumpun bambu itu bersama BPBD Wonogiri dan sejumlah pihak terkait lainnya. Namun, rumpun bambu yang berukuran besar tak memungkinkan untuk disingkirkan tanpa alat berat. Sehingga dibutuhkan alat berat untuk normalisasi aliran kali itu.

Baca Juga :  Ustad Das'ad Latif Bikin Seru Suasana Pekan Konferensi Penyiaran Indonesia, Begini Ceritanya

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan normalisasi itu dilakukan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) sejak beberapa waktu lalu.

“Kali Krisak itu kan anak Sungai Bengawan Solo, jadi kewenangannya BBWSBS,” kata Bambang, Selasa (7/12/2021).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua