JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

4 Jenis Minyak Lebih Sehat dari Minyak Sawit, Apa Saja?

Ilustrasi minyak goreng / pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Minyak goreng merupakan salah satu bahan pokok dalam rumah tangga. Hampir semua keluarga memasak dengan cara menggoreng bahan makanan.

Selain praktis dan cepat, makanan yang digoreng bisa bertambah lezat, mulai dari tempe hingga makanan beku. Saat ini harga minyak goreng sawit sedang melambung tinggi harganya, bahkan mencapai Rp 20 ribu per liter.

Meski demikian salah satu bahan makanan pokok ini tetaplah dibeli banyak orang. Sebenarnya ada beberapa jenis minyak goreng yang lebih sehat dari minyak sawit.

Baca Juga :  Deretan Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Bagi Pengidap Asam Urat

Berikut empat jenis minyak paling sehat versi Heath Line:

1. Minyak Zaitun

Diurutan pertama, minyak yang paling sehat adalah minyak zaitun. Disebutkan bahwa minyak zaitun memiliki titik asap mencapai 176 derajat celcius sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam masakan dan metode.

Minyak zaitun sudah digunakan sejak lama sebagai minyak serbaguna, mulai dari menumis, baking, maupun untuk dressing salad. Minyak zaitun mengandung mengandung senyawa antioksidan yang disebut oleocanthal dan oleuropein. Selain itu juga memiliki efek anti-inflamasi dan mencegah kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi.

Baca Juga :  Kenali Gejala Kanker Usus Agar Tak Semakin Parah

2. Minyak Alpukat

Selanjutnya ada minyak alpukat sebagai minyak paling sehat. Minyak alpukat ini memiliki titik asap yang lebih tinggi yaitu 271 derajat celcius yang cocok digunakan untuk deep frying.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua