JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jus Seledri, Banyak Manfaat dan Cara Meminumnya

Ilustrsai daun seledri. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Seledri merupakan sayuran yang biasa dimanfaatkan untuk melengkapi sajian makanan seperti, sop, bakso dan lain sebagainya.

Selain untuk masakan, seledri juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Seperti sayuran dan buah-buahan pada umumnya seledri mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Ahli nutrisi JJ Virgin menerangkan, jus seledri bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu karena, jus selederi mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, kalsium, kalium, natrium, magnesium, fosfor, elektrolit, air dan mineral lainnya.

Jus seledri juga mengandung flavonoid (senyawa bioaktif serupa antioksidan) yang meningkatkan kesehatan dan phytochemical (senyawa kimia alami tumbuhan),” ujar Virgin yang juga penulis buku The Virgin Diet, dikutip dari Healthline.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Namun, ia mengingatkan, bahwa beberapa kandungan nutrisi bisa saja berkurang selama proses pembuatan jus. Menurut Virgin, jus seledri juga bermanfaat mengurangi risiko darah rendah, peradangan, dan stres yang berkaitan dengan oksidasi.

Mengutip situs web Medical Medium, supaya kandungan nutrisi dalam jus seledri bermanfaat optimal, sebaiknya diminum pagi ketika perut belum mengonsumsi apa pun, kecuali air mineral. Itu juga bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Setelah minum jus seledri, 30 menit kemudian sarapan untuk memberi daya tubuh sebelum beraktivitas. Minum jus seledri saat pagi juga bisa pada 60 menit setelah menyantap camilan. Bisa juga dua jam setelah menyantap makanan yang berat. Itu jika diminum siang atau sore.

Minum jus seledri setiap pagi akan membantu penawaran racun dalam tubuh karena mengandung banyak antioksidan dan enzim. Mineral dalam jus seledri baik untuk tulang, tekanan darah, dan kesehatan jantung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com