JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Kabupaten Boyolali Terima Obor PeSONas

Sekda Boyolali, Masruri menerima obor PeSoNas / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemkab Boyolali menerima estafet obor virtual dan ekspresi seni budaya Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas).

Obor diterima oleh Sekda Boyolali, Masruri di Pendopo Ageng, Boyolali pada Selasa (15/2/2022).

Penerimaan kirab obor virtual ini nampak meriah karena disambut dengan tarian tradisional Selo, Reog Gedruk oleh siswa SLBN Boyolali.

Menurut Ketua Soilna 2022-20226 yang juga Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, setelah penyerahkan obor PeSONas, kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan dan pelantikan Special Olympic Indonesia (SOIna) Boyolali masa kerja 2022-2026.

“Juga akan digelar sosialisasi dan kampanye terkait kegiatan PeSONas yang akan dilakukan sampai Jumat (18/2/2022),” katanya.

Baca Juga :  Begini Serunya Tradisi Bakda Sapi di Lereng Merapi Dukuh Mlambong,  Musuk, Boyolali! Ternak Sapi Diarak Keliling Pedukuhan

Ditambahkan, SOIna juga akan melakukan pendataan anak-anak penyandang disabilitas intelektual. Kemudian dilakukan pelatihan dan penyeleksian untuk diajukan untuk berlaga menjadi wakil Boyolali.

“Apalagi banyak cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan. Kita akan mengirimkan atlet untuk berlaga di PeSONas.”

Selain itu, PeSONas diharapkan menjadi wadah untuk menjadikan anak-anak disabilitas intelektual. Dia berharap seluruh anak disabilitas intelektual ini terfasilitasi dalam pengembangan bakat dibidang olahraga.

“Kita akan bimbing dan beri pelatihan anak-anak disabilitas intelektual. Meski saat ini kita berfokus pada olahraga dulu. Dan bisa merambah ke bidang lain. Seperti seni budaya dan keterampilan lain.”

Ketua SOIna Jateng, Kristijani Kirana menambahkan, PeSONas menjadi wadah berekspresi bagi anak-anak penyandang disabilitas intelektual. Pengotakan hanya untuk penyandang disabilitas intelektual karena disabilitas lain telah terfasilitasi.

Baca Juga :  Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Terima Kedatangan Calon Haji

“Kami akan keliling ke 35 kabupaten/Kota. Ada 12 cabor yang akan ditandingkan pada PeSONas yakni 3 – 8 Juli mendatang. Ajang ini akan diikuti 34 provinsi.”

Guru SLBN Boyolali, Atas Keksiningsih mengaku senang dengan adanya PeSONas. Sebab bisa menjadi wadah untuk menggali potensi anak-anak istimewa dalam bidang olah raga. Untuk pekan SOIna di Boyolali, SLBN akan mengirim atlet untuk enam cabor.

“Kami senang, anak-anak bisa ikut seleksi tingkat daerah. Semoga bisa maju sampai Jateng. Kami juga fokus pada bidang tari anak-anak.” Waskita


 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com