JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ketahui Ciri-ciri Gejala Omicron dan Aturan Isoman

Varian omicron. pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM – Covid-19 sudah berevolusi menjadi dua  varian, yakni varian delta dan yang baru-baru ini marak terjadi adalah varian Omicron.

Diketahui, bahwa varian Omicron dari Covid-19 ini lebih mudah menyebar luas dan menular kepada manusia.

Orang yang mempunyai gejala Omicron memiliki gejala yang mirip dengan varian Covid-19 sebelumnya.

Banyak orang berpikir bahwa Omicron dipicu oleh gejala ringan mirip flu biasa. Akan tetapi hal itu bisa menjadi sangat berbahaya bagi orang yang rentan terhadap penyakit.

Sebuah penelitian dari aplikasi pelacak Zoe Covid yang berpusat di Inggris menunjukkan, gejala yang paling banyak diketahui untuk kebanyakan pasien Omicron antara lain pilek, sakit tenggorokan, rasa sakit yang sangat di seluruh tubuh, kelelahan dan yang terakhir sakit kepala yang parah.

Baca Juga :  Tangani PMK, Menko Airlangga: Pemerintah Siapkan 28,7 Juta Dosis Vaksin dengan Dana KPCPEN

Ada juga gejala baru yang dirasakan oleh pasien Omicron, yaitu diare, tidak nafsu makan, dan sakit perut.

“Belum tentu gejala yang ditimbulkan Omicron lebih ringan dibandingkan varian sebelumnya.”

“Mayoritas penduduk Inggris saat ini sudah divaksinasi dua atau tiga kali, yang memiliki efek perlindungan kuat terhadap penyakit parah dan rawat inap,” ujar Zoe COVID,

Tetapi ada hal yang aneh dari kasus infeksi Omicron, terdapat sedikit orang yang mengalami gejala umum dari virus corona seperti batuk, demam, dan kehilangan indra penciuman.

Baca Juga :  Megawati Siap Pecat Kader Bermanuver Soal Capres, Puan: Jangan Ada yang Baper

Diambil dari akun Instagram @kemenkes_ri, gejala Omicron secara umum sebagai berikut: (1) Demam (2) Batuk (3) Flu (4) Sakit tenggorokan.

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/4641/2021 tentang Panduan Pelaksanaan Pemeriksaan, Pelacakan, Karantina dan Isolasi dalam Rangka Percepatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, terdapat lima derajat gejala Covid-19.

Beberapa di antaranya adalah:

(1)Tanpa gejala/asimtomatis yaitu tidak ditemukan gejala klinis.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua