JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ribuan Sopir Truk Demo, Bos Beras Cipinang Asal Sragen Beri Peringatan ke Pemerintah. “Harga Beras di Jakarta Langsung Meroket Rp 300!”

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi pengusaha ternama Sragen, Billy Beras saat meninjau pabrik beras di Masaran, Sragen, Sabtu (24/4/2021). Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Aksi demo menolak kebijakan penindakan truk kelebihan muatan dan berdimensi lebih atau over dimension-over load (ODOL) di berbagai daerah, mulai berimbas buruk terhadap stabilitas pangan nasional dan Jakarta.

Banyaknya aksi demo dan mogok para awak angkutan barang itu, telah memicu kenaikan harga semua komoditi di ibukota Jakarta.

Wakil Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) DKI Jakarta, Billy Haryanto pun angkat bicara. Ia memperingatkan pemerintah terkait kebijakan penerapan ODOL yang berpotensi membuat kegaduhan stabilitas logistik nasional.

Hal itu dilontarkan menyusul imbas buruk demo penolakan ODOL yang mulai berdampak ke Jakarta.

Baca Juga :  Ada Kadus Mesum Sampai Hamili Siswi Didesak Lengser, Ini Kata Sekda dan Inspektorat Sragen!

Billy, pengusaha beras asli Sragen yang berkecimpung di Pasar Induk Cipinang itu mengatakan kenaikan harga beras di Pasar Induk Cipinang mulai merangkak naik Rp 300 perkilogram.

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia menyampaikan imbas banyaknya demo awak angkutan barang menolak ODOL, berimbas buruk ke Jakarta.

Seperti komoditas beras yang hari ini masuk ke Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur mulai berkurang drastis.

“Jika biasanya perhari pasokan beras ke pasar terbesar di Jakarta itu mencapai 2.500 ton, hari ini hanya 1.000 ton saja,” paparnya Rabu (23/2/2022).

Baca Juga :  Dukung Karawitan Sragenan Masuk Kurikulum Sekolah, Sriyanto Saputro Berharap Bisa Go Internasional

Dampak berkurangnya pasokan itu, akhirnya memaksa harga jual beras mulai naik.

Pengusaha nasional kelahiran Sragen itu menyebut hari ini, harga beras sudah naik antar Rp 200 hingga Rp 300 perkilogram.

“Karena banyak demo ODOL dan angkutan tidak jalan, pasokan beras ke Jakarta menjadi berkurang. Harga hari ini mulai naik. Saat ini harga beras naik di angka Rp 200 sampai Rp 300 per kilogram,” urainya.

Ancam Stabilitas Logistik

Billy menguraikan kebijakan penerapan pembatasan ODOL itu dipandang tidak tepat.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua