JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Blak-Blakan, Ganjar Bilang Kalau PNS Dimintai Setoran, Pasti Izin Disusah-susahkan, Dirumit-Rumitkan!

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengingatkan agar pimpinan di daerah sebisa mungkin menghindari praktik setoran dari pejabat atau PNS.

Sebab praktik itu akan berimbas negatif pada profesionalisme PNS dan pelayanan kepada masyarakat. Budaya setoran dinilai justru akan menghambat investasi ke suatu daerah.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberi sambutan dalam acara peresmian pabrik bata ringan Blesscon Plant 3 di Toyogo, Sambungmacan, Sragen, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga :  Awas Aksi Pencurian Padi Siap Panen Milik Petani di Sragen Makin Meluas, Pelaku Saat Ini Masih Gentayangan

“Kalau (PNS) nggak ada setoran pasti seneng, tidur nyaman. Tapi kalau dimintai setoran, paling sampeyan diminta setoran duit larinya sama pengusaha. Makanya terus dirumit- rumitkan izinnya. Disusah-susahkan izinnya, kalau perlu diperes. Makanya investasi nggak akan masuk,” paparnya.

Sebaliknya, jika PNS bekerja profesional dan tidak dimintai setoran, maka pendapatan di daerah bisa meningkat.

Baca Juga :  Buntut Bentrok PSHT dengan Brajamusti di Yogya,  Polisi Lakukan Ini di Perbatasan Jatim dan Jateng

Ia menggambarkan salah satu sektor yang paling rawan adalah proses pengadaan barang dan jasa. Jika tidak profesional, maka proses itu akan sangat rawan terjadi permainan hingga korupsi.

Untuk mencegah praktik-praktik tersebut, bisa dilakukan dengan pemberian tunjangan tambahan penghasilan yang memadai kepada PNS. Namun tambahan penghasilan itu harus disertai dengan profesionalitas kinerja.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com