JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Kabar Baik, Siswa Hafal Alquran Bakal Dapat Jalur Khusus Masuk TNI/Polri dan Universitas Negeri

Bupati Batang, Wihaji. Foto/Humas Jateng
   

BATANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para siswa yang hafal Al-Qur’an (hafiz) kini dipastikan memiliki peluang besar untuk memperoleh beasiswa pendidikan dari negara.

Tidak hanya masuk di universitas negeri, mereka juga punya kans lebih besar untuk menjadi anggota kepolisian dan TNI, melalui jalur khusus sesuai kompetensinya.

“Mereka yang berkemampuan menghafal Al-Qur’an mulai 5 juz bahkan 30 juz, itu ada prioritas masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Di Kabupaten Batang sudah ada 10 (orang) hafiz yang mendaftar sebagai anggota TNI/Polri,” ungkap Kepala Kantor Kemenag Batang, M Aqsho, pada acara Musabaqah Tilawatil Quran XXIX, di Pendapa Kabupaten Batang, Minggu (27/3/2022).

Ia memastikan, kesepuluh orang tersebut masih mengikuti tahapan lanjutan, hingga nanti lolos menjadi anggota TNI/Polri.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Bupati Batang, Wihaji, menyatakan, tak hanya peluang bergabung dengan institusi TNI dan Kepolisian RI, para hafiz juga memiliki kesempatan besar untuk meraih beasiswa pendidikan.

“Sekarang zamannya luar biasa, negara mengapresiasi para hafiz Al-Qur’an dengan memberikan beasiswa ke kampus-kampus ternama, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip),” beber bupati.

Ditambahkan, peluang tersebut menunjukkan para penghafal Al-Qur’an berpotensi menjadi generasi dengan masa depan yang cerah.

Ia pun meminta para orang tua mendukung anak mereka yang ingin menjadi hafiz.

“Tiap bulan pun saya khotmil Qur’an. Itu saya lakukan untuk mendapat berkah. Maka putra-putri njenengan yang berpotensi, berikan dukungan sepenuhnya,” ungkapnya.

Salah satu peserta MTQ, Cholis Al Aghoni, bahkan bercita-cita memperdalam ilmu agam hingga ke negeri seberang.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

“Cita-cita saya ingin jadi ulama dan pengusaha obat-obat herbal yang sukses. Rencana saya mau kuliah ke Turki, untuk memperdalam ilmu agama,” ungkap santri Darul Alquran Wonotunggal tersebut.

Ia bersyukur jika pemerintah memberikan akses bagi para hafiz yang bercita-cita menjadi tentara maupun polisi.

“Semoga proses mereka masuk dimudahkan, menggunakan kemampuannya sebagai hafiz Al-Qur’an,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan MTQ XXIX diikuti oleh 234 orang peserta se-Kabupaten Batang. Ajang tersebut terbagi menjadi 10 cabang, yakni Tilawah Sewasa, Tilawah Remaja, Tilawah Anak, Tartil, Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ), Tahfiz 1 Juz dan Tilawah, Tahfiz 5 Juz dan Tilawah, Tahfiz 10 Juz, Tahfiz 20 dan 30 Juz, dan Khot alias seni kaligrafi Islam. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com