JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mengapa Indonesia Belum Mendeklarasikan Endemi?

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro / Republika

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mungkin menjadi pertanyaan bagi banyak masyarakat Indonesia ketika mengetahui negara lain sudah masuk dalam era endemi.

Sebagai manusia yang terkurung bersama pandemi selama dua tahun lebih, tentu kita rindu dengan indahnya hidup normal seperti biasa tanpa menjaga jarak, mengenakan masker, dan menghindari kerumunan.

Hingga saat ini, pemerintah belum berani mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi meskipun banyak negara lain yang sudah masuk dalam era endemi.

Baca Juga :  Minta Dilibatkan dalam Pembahasan di Komisi III, Ini 14 Pasal yang Disoroti Dewan Pers dalam Rancangan KUHP

Reisa Broto Asmoro, sebagai juru bicara pemerintah untuk Covid-19 sekaligus duta adaptasi kebiasaan baru mengatakan bahwa penetapan status pandemi ke endemi didasari oleh kondisi Covid-19 di negara masing-masing serta melihat capaian vaksinasi di negara tersebut.

Reisa menambahkan banyak aspek yang mesti dipertimbangkan guna mengubah status menjadi endemi.

Baca Juga :  Konsisten Jaga Stabilitas Harga, TPIP dan TPID Terus Bersinergi Gulirkan Kebijakan Adaptif dan Inovatif

Keadaan pandemi di setiap negara berbeda-beda.

“Tergantung pada kondisi daerahnya sendiri, dari cakupan vaksinasi. Jadi, belum tentu Indonesia bisa memberlakukan status yang sama persis di antara negara lain atau Indonesia,” kata Reisa dalam konferensi virtual pada Selasa (15/3/2022).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com