JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Libur Lebaran 2022 Apakah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Buka?

Seorang pemancing beraktifitas di dermaga WGM Wonogiri. Aria Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Momen libur Lebaran 2022 memang masih beberapa pekan lagi, namun bolehlah bertanya tanya seputar obyek wisata yang buka.

Kalau di Wonogiri, obyek wisata andalan tetap Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, namun apakah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri buka saat libur Lebaran 2022?.

Ternyata hingga kini belum ada kepastian boleh tidaknya objek wisata beroperasi ketika libur Lebaran 2022.

Namun demikian jika Waduk Gajah Mungkur buka saat libur Lebaran 2022 sudah ada lahan parkir cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata atau Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto mengatakan hingga saat ini pihaknya belum melakukan persiapan khusus menjelang libur panjang pada lebaran tahun ini.

Pasalnya, belum ada kepastian boleh tidaknya objek wisata beroperasi saat momentum libur lebaran.

Baca Juga :  Balon Udara Jatuh di Jatinom Gedong Ngadirojo Wonogiri, Bisa Picu Kebakaran hingga Gangguan Penerbangan

“Kalau untuk saat ini, semua objek wisata memang sudah boleh buka. Tapi nanti pas lebaran boleh buka atau tidak masih menunggu instruksi lebih lanjut,” beber dia.

Meski begitu, pihaknya bakal melakukan persiapan jika memang pada libur lebaran objek wisata bakal dibuka, termasuk di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang merupakan objek wisata andalan milik Pemkab Wonogiri.

Haryanto menuturkan, bakal ada antisipasi demi menjaga keamanan dan ketertiban pengunjung, bakal ada rapat koordinasi lintas sektoral yang dilakukan menjelang lebaran.

Biasanya, sebelum pagebluk Corona pengunjung OW WGM selalu ramai ketika libur panjang lebaran, banyak warga yang plesiran ke tempat wisata itu hingga berpotensi menimbulkan kemacetan.

Itu juga pernah terjadi beberapa waktu lalu. Hal itu juga bakal diantisipasi di tahun ini jika memang objek wisata nendapatkan lampu hijau untuk beroperasi saat momentun libur Lebaran 2022.

Baca Juga :  Dugaan Pembunuhan Setren Slogohimo Wonogiri, 1 Orang Pemilik Pekarangan Diamankan

“Apalagi disana sekarang sudah ada area parkir baru. Sehingga itu juga bisa menjadi solusi supaya tidak terjadi kemacetan,” kata Haryanto.

Seperti diketahui fasilitas oarkir baru yang ada di OW WGM selesai dibangun pada tahun lalu. Dengan luas sekitar satu hektar, area parkir itu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lain, seperti area pedestrian, taman dan teras pantai.

Anggaran untuk mempercantik area itu senilai Rp 10,9 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Rambu-rambu, petunjuk jalur parkir hingga tempat sampah juga sudah terpasang. Informasi yang dihimpun, area parkir itu bisa menampung 500 kendaraan roda dua dan 200 kendaraan roda empat dalam satu waktu. Tak ada biaya tambahan untuk parkir di area baru itu. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com