JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Disnakan Boyolali Temukan 28 Ternak Sapi Suspect

Petugas Disnakan Boyolali tengah memeriksa ternak sapi dalam rangka tracing penyakit PMK / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Usai kasus 21 ekor sapi dan kambing terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK), Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali terus melakukan tracing ternak milik warga.

Hasilnya, ditemukan 28 ternak suspect.

“Kami lakukan tracing 1.009 ternak, 28 ternak diantaranya suspect,” ujar Kepala Disnakan Boyolali, Lusia Dyah Suciati, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga :  Kondisi Situs Candi Tampir di Musuk, Boyolali Mengenaskan. Penuh Semak Belukar, Terancam Hancur

Dijelaskan, ternak- ternak tersebut langsung ditangani dengan melakukan lokalisasi serta diberi suntikan vitamin. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi agar tidak terjadi penularan pada ternak lainnya.

Dijelaskan, kasus suspek ditemukan di Dukuh Gumulan, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo pada 3 ekor sapi. Namun, ketiga sapi tersebut langsung ditangani dan dinyatakan sembuh. Kemudian di Dukuh/Desa Singosari, Mojosongo ada 3 anakan sapi alias pedet suspek.

Baca Juga :  Satu Lagi JCH Embarkasi Solo Meninggal Dunia di Tanah Suci

Di Dukuh Pasar Lawang, Desa Karangnongko, Mojosongo terdapat 6 sapi perah suspek. Lalu temuan di Dukuh/Desa Guwo, Wonosegoro terdapat 1 sapi suspek; Singosari, Mojosongo bertambah 1 sapi suspek, lalu di Candigatak, Cepogo ditemukan 2 sapi suspect.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua