JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Kapan Kampas Rem Motor Harus Segera Diganti?

Ilustrasi rem cakram pada sepeda motor. pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah sistem pengereman yang di dalamnya terdapat kampas rem. Rem pada sepeda motor berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan.

Komponen ini berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Sistem pengereman pada sepeda motor terdiri atas beberapa bagaian dan salah satunya adalah bagian kampas rem.

Kampas rem merupakan bagian pada sistem pengereman yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan laju kendaraan. Oleh karena itu, kampas rem menjadi bagain pada sistem pengereman yang harus diperhatikan.

Lalu, apa saja indikasi kampas rem pada motor perlu diganti?

Berikut ini adalah indikasi kampas rem pada motor perlu diganti, dikutip dari laman Suzuki.

1. Rem Tromol
Pada jenis rem tromol, ciri-ciri kampas rem sudah mulai menipis dan harus segera diganti adalah tarikan rem yang dalam, terdengar bunyi gesekan, dan ada bau terbakar.

Tarikan rem yang dalam menjadi tanda bahwa kampas rem mulai menipis dan berakibat pada jarak antara permukaan rem dan permukaan roda semakin lebar.

Adanya bunyi gesekan dan bau terbakar juga menjadi indikasi kampas rem pada jenis rem tromol sudah menipis karena komponen rem yang terbuat dari besi akan mengeluarkan suara berdecit dan bau terbakar ketika terjadi gesekan.

2. Rem Cakram
Pada jenis rem cakram, kampas rem yang menipis bisa dilihat secara langsung. Indikasi ketika kampas rem sudah menipis pada jenis rem ini adalah ketebalan kampas rem sudah menipis sekitar 2 milimeter.

Selain itu, warna permukaan rem juga bisa menjadi indikasi kampas rem sudah menipis atau belum. Jika warna permukaan sudah tidak mengkilap, kampas rem harus segera diganti.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com