JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Solo Akan Berangkatkan 260 Calon Jemaah Haji Tahun Ini, 12 Orang Mengundurkan Diri karena Ini

Ilustrasi kabah. Foto: pixabay.com
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Kemenag Solo akan memberangkatkan 260 calon jemaah haji tahun 2022. Dari jumlah tersebut, sebanyak 12 calon jemaah haji diantaranya menyatakan mengundurkan diri.

Kepala Kemenag Solo, Hidayat Masykur, mengatakan kursi kosong calon jemaah haji yang mengundurkan diri tersebut akan diisi dari kursi cadangan. Kemenag Solo sendiri memiliki kuota calon jemaah haji cadangan sebanyak 45 orang tahun ini.

“Tahun 2020 kita memiliki kuota 510 calon jemaah haaji. Namun karena pandemi covid-19, keberangkaataan mereka tertunda sampai tahun ini. Tahun inipun kuota kita hanya 260 kursi. Untuk itu ada beberapaa kriteria yang sudah ditentukan untuk memberangkatkan calon jemaah haji,” terangnya, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga :  Ganjar Deklarasi Jadi Oposisi, Gibran Tanggapi Santai

Seperti diketahui, Kemenag pusat menerapkan kriteria tertentu yang harus dipenuhi bagi calon jemaah haji untuk diberangkatkan ke tanah suci. Kriteria tersebut diantaranya calon jemaah haji harus berusia di bawah 65 tahun. Serta calon jemaah haji yang mendapat kursi terdepan.

“Yang jelas yang pertama calon jemaah haji dengan kursi teratas. Kemudian usia tidak lebih dari 65 tahun kan begitu ketentuannya. Untuk sementara ini, 12 orang calon jemaah haji menyatakan mengundurkan diri karena suami atau istri mereka tidak masuk kriteria,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tercemar Ciu, Fenomena Bladu Kembali Terjadi di Bengawan Solo, Banyak Warga Mengambil Ikan yang Mengambang

Ke 12 calon jemaah haji memilih untuk mengundurkan diri tersebut karena pasangan (suami/istri) mereka tidak masuk dalam kriteria pemberangkatan. Sehinggaa mereka memilih untuk memundurkan keberangkatan tahun depan agar bisa berangkat bersama masing-masing pasangan (suami/ istri).

“Mereka ada yang istrinya berangkat tapi suami tidak atau sebaliknya. Kemudian mereka memutuskan untuk mengundurkan diri tahun ini, agar bisa berangkat bareng tahun depan,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com