JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

5 Penyebab Insomnia, Apa Saja?

Ilustrasi kesulitan tidur. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kesulitan tidur di waktu malam atau insomnia banyak dialami oleh orang. Jika seseorang mengalami insomnia, maka biasanya akan mengganggu aktivitas di hari selanjutnya.

Orang yang mengalami insomnia akan susah tidur malam, dan saat bangun pun terlalu pagi. Insomnia menyebabkan tubuh merasa lelah dan mengantuk di siang hari. Insomnia berakibat mudah kelelahan juga mengantuk saat siang.

Ada berbagai keadaan atau kondisi yang bisa menjadi penyebab insomnia. Merujuk keterangan National Health Service UK, insomnia juga dipengaruhi stres dan kebiasaan buruk saat jam menjelang tidur malam.

Baca Juga :  Jangan Tunggu Parah, Penyakit Hepatitis Dapat Dicegah dengan Suntik Vaksin

1. Tertekan

Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan, atau keluarga membuat pikiran seseorang aktif pada malam hari. Kondisi ini menyebabkan sulit untuk tidur. Peristiwa kehidupan yang penuh tekanan atau trauma, seperti kematian, penyakit orang yang dicintai, perpisahan, dan kehilangan pekerjaan rentan mengakibatkan seseorang mengalami insomnia.

Baca Juga :  Makanan Enak ini Kaya Vitamin D

2. Kebiasaan tidur yang buruk

Kebiasaan tidur yang buruk, termasuk waktu yang tidak teratur. Terlalu lama tidur siang juga melakukan aktivitas sebelum tidur juga berakibat insomnia. Kebiasaan bekerja di tempat tidur juga menyebabkan orang sulit terlelap. Aktivitas menonton televisi, bermain video game, ponsel, atau layar lain sebelum tidur berisiko mengganggu siklus tidur.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com