JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah, Timbulkan Bau Mulut Tak Sedap

Ilustrasi bawang putih. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Bawang putih telah lama diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Tetapi, mengonsumsi bawang putih mentah dapat menimbulkan sejumlah efek samping yang kurang baik untuk kesehatan.

Berikut adalah efek samping makan bawang putih mentah:

1. Menimbulkan bau mulut

Bawang putih memiliki bau yang kuat dan menyengat. Tak heran, dalam masakan tumis, misalnya, bawang putih harus ditumis agak lama supaya bau menyengatnya sedikit hilang.

Bayangkan jika bawang putih dikonsumsi mentah. Dilansir dari WebMD, mengonsumsi bawang putih mentah bisa menyebabkan bau mulut yang mengganggu diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

2. Mengiritasi saluran pencernaan dan membuat mulas

Dilansir dari Healthline, penderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) disarankan membatasi konsumsi bawang putih untuk mencegah mulas. Bahkan ini bisa mengakibatkan diare.

Ini karena sejumlah senyawa di dalamnya bisa mengiritasi saluran pencernaan. Akibatnya, terasa sensasi terbakar di dada atau perut.

3. Meningkatkan risiko pendarahan

Bawang putih bisa mencegah pembentukan bekuan darah sehingga meningkatkan risiko pendarahan. Meski ini tidak akan menyebabkan masalah bagi kebanyakan orang dewasa sehat, tapi orang yang mengonsumsi pengencer darah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi bawang putih mentah.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Risiko pendarahan bisa meningkat, terutama jika bawang putih mentah dikonsumsi dalam jumlah besar atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Itulah beberapa efek samping mengonsumsi bawang putih mentah. Supaya lebih aman, batasi konsumsinya.

Meski tidak ada dosis resmi yang direkomendasikan, sebagian besar studi menemukan satu hingga dua siung bawang putih mentah per hari bisa bermanfaat bagi kesehatan. Jika melihat efek samping seperti di atas, kurangi atau hentikan konsumsi bawang putih mentah.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com