JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Heboh Naik Motor Pakai Sandal Jepit Bakal Ditilang? Begini Penjelasan Lengkap Kakorlantas!

Tim gabungan Polsek-Koramil Sukodono saat menghentikan seorang bocah bermotor tanpa masker dalam razia Kamis (23/7/2020). Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Operasi Patuh Candi 2022 memunculkan kabar menghebohkan. Masyarakat dibuat kaget dengan beredarnya kabar pengendara motor dilarang pakai sandal jepit dan bahkan dikabarkan bakal ditilang.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi yang melontarkan pernyataan soal berkendara pakai sandal jepit pun akhirnya angkat bicara.

Ia menjelaskan ihwal imbauan penggunaan sandal jepit untuk pengendara sepeda motor. Firman menyebut imbauan itu penting untuk meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalanan.

Awalnya, ia mengumpamakan seorang pengendara yang hendak pergi menggunakan sepeda motor dengan jarak dekat.

Baca Juga :  Lokasi Penemuan Mayat di Saluran Air Sidomulyo Diserbu Warga. Korban Diketahui Bernama Tumini

Menurutnya, seharusnya pengendara menggunakan sepatu untuk menghindari kecelakaan.

Karena, ia menilai kecelakaan justru kerap terjadi saat pengendara melakukan perjalanan jalan dekat yang rutin dilakukan setiap hari.

“Karena ada masyarakat yang bilang begini ‘Pak cuman deket aja Kok, Masa cuman mau beli tempe doang ke pasar (pakai sepatu) segala macam itu’. Kecelakaan di jalan justru dari rumah ke pasar beli tempe yang dia rutin tiap hari dan tidak ada kecelakaan itu memang yang sengaja,” paparnya dilansir Humas Polri, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga :  Sragen Raih Penghargaan Meritokrasi, Wakil KASN: Jangan Ada Riwayat dengan Bos!

Oleh karena itu, Firman memandang setiap pengendara sepeda motor hendaknya mempersiapkan sebaik mungkin sebelum keluar rumah menggunakan motor baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Salah satunya menggunakan sepatu, helm dan jaket sebagai bentuk ikhtiar untuk menghindari kecelakaan.

“Tapi dengan kita sudah ikhtiar kalau dalam agama. Ikhtiar kita maksimalkan kalau masih terjadi juga Tuhan sudah punya rencana, tapi kita ikhtiar maksimal. memperkecil fatalitas kecelakaan dengan memberikan perlindungan yang cukup bagi anggota tubuhnya roda dua khususnya,” jelas Firman.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com