JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UGM Gelar Webinar Nasional Menulis Artikel Ilmiah: Proses Menemukan Ide Hingga Publikasi

Forum Pustakawan Universitas Gadjah Mada (UGM)) menggelar webinar nasional dengan tema Menulis Artikel Ilmiah: Proses Menemukan Ide Hingga Publikasi pada hari Selasa, tanggal (24/5/2022) secara daring. Istimewa
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Forum Pustakawan Universitas Gadjah Mada (UGM)) menggelar webinar nasional dengan tema Menulis Artikel Ilmiah: Proses Menemukan Ide Hingga Publikasi pada hari Selasa, tanggal (24/5/2022) secara daring.

Adapun jumlah peserta mencapai 650 orang, atau melebihi dari jumlah yang ditargetkan panitia. Mereka dari berbagai profesi, baik guru, dosen, peneliti, pustakawan serta mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Pemilihan tema ini berdasarkan pada kenyataan bahwa biasanya, para penulis pemula terkadang bingung akan memulai menulis. Memulai dari mana? Akan menulis tentang topik apa? dan pertanyaan lain terkait bagaimana memulainya. Di sisi lain, saat ini tuntutan kemampuan menulis secara sistematis untuk menuangkan ide atau gagasan menjadi satu kebutuhan.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Perpustakaan UGM, Nawang Purwanti, M.Lib. mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan serta informasi baru tentang tema penulisan ilmiah. Perpustakaan UGM sudah memberikan wadah bagi penulis untuk mengirimkan artikelnya ke Media Informasi dan Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Nawang juga menyampaikan bahwa terbentuknya Forum Pustakawan sendiri bertujuan untuk mengembangkan diri saling memotivasi untuk berprestasi bagi kalangan internal UGM dan luar UGM untuk belajar bersama, dengan narasumber dari berbagai ekspert.

Narasumber pertama Heriyanto, Ph.D. dari UNDIP Semarang menyampaikan materi tentang menggali ide penulisan dan menentukan topik penulisan. Kesulitan ide, disebabkan 2 (dua) hal, pertama terlalu banyak ide/kemauan dan kedua tidak ada ide sama sekali.

“Cara mendapatkan ide adalah menggali dari pengalaman sehari-hari (rutinitas kerja/kuliah/informal/keluarga) selanjutnya dilakukan observasi informal dan pengamatan sistematis”, tandasnya.

Shafira Khoir, Ph.D. sebagai narasumber kedua memberikan materi proses menulis, sistematika penulisan. Presentasi diawali dengan interaksi peserta melalui survey mentimeter: s.id/palingsulit. Dan jawaban peserta adalah 35 persen menjawab pendahuluan adalah bagian tersulit. “Karena tulisan akan dibagi ke semua orang, jadi harus enak dibaca dan memberi pengetahuan baru, dan menggunakan kaidah yang benar”, paparnya. Sumber-sumber informasi akademik harus dipahami, termasuk cara mengutip yang benar. Harus diperhatikan juga laman resmi yang akan dijadikan bahan referensi.

Materi tentang proses publikasi karya ilmiah disampaikan oleh Dr. Purwani Istiana, SIP., MA, pustakawan UGM. Banyak tips yang disampaikan narasumber terkait dengan tulisan yang akan dikirimkan ke jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional , ataupun jurnal internasional bereputasi.

“Untuk meningkatkan sitasi harus konsisten penulisan nama, konsisten afiliasi standar, gunakan email terpercaya dan efektif, gunakan kata kunci yang spesifik, visibilitas artikel secara online, perbarui profil publikasi, akses terbuka.”

Tanya jawab dipandu oleh moderator Maniso Mustar berupa menjawab pertanyaan langsung dari peserta dan merespon pertanyaan dari kolom chat zoom. Pada akhir acara dibagikan doorprize dari FP UGM dan sponsor iGroup, Sagung Seto dan CV Roma. Lilik Uswah/Marwantoro

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com