JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Wahyu Putri, Sopir Cantik Wisata Jeep Ekstrem di Kemuning Karanganyar. Satu-satuya Sopir Wanita, Sering Dikira Wisatawan

Wahyu Putri (32 tahun), sopir jeep wisata di lereng Gunung Lawu, tepatnnya di kawasan wisata Kemuning. Foto: JSNews/Asa
Wahyu Putri (32 tahun), sopir jeep wisata di lereng Gunung Lawu, tepatnnya di kawasan wisata Kemuning. Foto: JSNews/Asa
ย ย ย 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Paket petualangan naik mobil jeep ditawarkan di sejumlah destinasi wisata. Tak terkecuali di kawasan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Di wilayah ini terdapat ratusan jeep yang siap memanjakan wisatawan dengan paket petualangan mengendarai mobil tersebut, baik jalur reguler maupun ekstrem. Paket wisata mengendarai jeep juga ditawarkan di kawasan Tawangmangu yang tak jauh dari kawasan Kemuning.

Ada yang menarik, karena di antara para driver atau sopir jeep tersebut, ada seorang perempuan berparas cantik. Namanya Wahyu Putri, 32 tahun.

Putri, demikian ia akrab disapa, adalah satu-satunya driver perempuan yang mengendarai jeep di kawasan wisata tersebut. Ia berbaur dengan ratusan driver laki-laki lainnya untuk melayani wisatawan muter-muter mengendarai di kawasan paket wisata di Lereng Gunung Lawu.

Driver mobil wisata jeep juga sekaligus menjadi pemandu bagi wisatawan yang mengendari mobilnya, sehingga mereka harus paham seputar obyek wisata di kawasan itu.

Sebagai driver jeep satu-satunya di kawasan wisata tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri, ditambah lagi parasnya yang cantik. Putri mengendarai mobil Jeep Willys lawas, kendaraan tangguh 4×4 yang dianggap sebagai moyangnya jeep.ย  Istimewanya lagi, Putri memilih jalur ekstrem. Meski sudah lawas, mobil ini diakui Putri masih kokoh keluar masuk jalur ektsrem di Lereng Gunung Lawu.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi
Wahyu Putri berfoto dengan penumpangnya. Foto: JSnews/Asa.

Jeep Willys yang dikendarai Putri adalah miliknya sendiri. โ€œSemua ini bermula dari hobi bersama suami dulu, kami membeli mobil ini dari sebuah lelang. Awalnya suami saya hobi offroad jeep, saya juga sering ikut gabung dan akhirnya suka. Mulai belajar nyopir sendiri dan akhirnya ikut ketagihan nyopir offroad. Sering ikut acara di berbagai kota juga,โ€ katanya.

Dikatakan Putri, suaminya seharu-hari awalnya sebagai penyedia paket wisata paket naik jeep di Kemuning. Dirinya kadang juga ikut bergabung. โ€œTapi suami saya meninggal dunia terkena Covid satu setengah tahun lalu. Akhirnya saya lanjutkan saja profesi suami,โ€ ujarnya saat ditemui JOGLOSEMARNEWS.COM di Ngargoyoso, Rabu (1/6/2022).

Sepeninggal suami, Putri harus menjadi orangtua tunggal bagi dua anaknya. Anak yang besar sekarang menuntut ilmu di salah satu pesantren. Yang nomor dua masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Sehari-hari Putri bekerja di sebuah perusahaan distributor barang untuk toko kelontong.

Menjadi driver jeep wisata, bagi Putri adalah memanfaatkan hari libur sambil menambah penghasilan serta hobi. Jadi Putri hanya menjalaninya pada hari Sabtu atau Minggu serta tanggal merah saja pas libur. Karena parasnya yangย  cantik, seringkali dikira wisatawan yang menjadi penumpang jeep wisata.

Dalam sehari, Putri biasanya mendapat dua paket perjalanan untuk jarak tempuh medium, atau satu paket saja untuk long (perjalanan panjang). โ€œAlhamdulillah tak hanya dapat teman, tapi dapat uang tambahan juga,โ€ selorohnya sambil tersenyum simpul.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Kalau mau naik jeep yang dikendarai Putri, bisa mencarinya di restoran di Kemuning atau kalau sudah kenal, sebelumnya bisa mengirim pesan melalui aplikasi penerima pesan.

Kemudian wisatawan akan diantar Putri ke destinasi-destinasi wisata yang ada di wilayah Ngargoyoso, seperti Candi Sukuh, Candi Cetho, Telaga Madirda, Air Terjun Jumog. Atau bila ingin mencoba terbang tandem dengan paralayang, bisa diantar ke Bukit Paralayang.

Sebagai satu-satunya sopir dan penyedia paket wisata mobil jeep, diakui Putri, ada tantangan tersendiri. Misalnya, kalau tiba-tiba mobil rusak maka ia harus perbaiki sendiri di tengah jalan dengan semampunya. Ia kadang minta bantuan temannya yang laki-laki.

โ€œTapi kalau bisa diperbaiki sendiri, ya saya bongkar sendiri. Kalau kewalahan minta bantuan temen-temen,โ€ katanya seraya menceritakan pengalaman yang selalu diingatnya, dimana saat bawa penumpang tiba-tiba remnya bermasalah. Ia pun tenang mengendalikan jeep dan mencari lokasi aman untuk berhenti terlebih dulu.

Ia mengakui banyak juga tantangan lainnya. Apakah termasuk digoda-goda? โ€œYa biasa saja lah, tapi semua dianggap santai dan gak usah dipikir serius..hahaha,โ€ guraunya. Satyawati

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com