JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ada Rumah Keadilan, Kapolres Sragen Sebut Selaras Kebijakan Kapolri. Ini Daftar Perkara yang Tak Bisa Dilakukan RJ!

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama mengapresiasi kehadiran Rumah Keadilan Restoratif di Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo yang diresmikan, Rabu (27/7/2022).

Kehadiran rumah keadilan atau restoratif justice (RJ) itu diharapkan bisa menjadi solusi untuk menghadirkan keadilan hukum terkait permasalahan di masyarakat tanpa harus berakhir di meja pengadilan.

Hal itu disampaikan Kapolres saat didaulat memberi sambutan dalam peresmian Rumah Keadilan Restoratif di Desa Jetak tersebut.

Baca Juga :  Harga Pertamax Turun Jadi Rp 13.900 Mulai Pukul 00.00 WIB. Ini Daftar Harga Terbaru Pertalite dan Solar!

Rumah restoratif dan pelayanan hukum ini jadi terobosan. Karena RJ saat ini memang dikedepankan. Dengan berbagai macam perttimbangan, salah satunya kapasitas tahanan yang over. Selain itu bahwa tujuan hukum sendiri sebenarnya tidak mengedepankan masalah hukum tapi adalah di situ ada keadilan hukum. Sehingga tidak semata-mata jika ada permasalahan di masyarakat harus maju ke persidangan,” paparnya.

Baca Juga :  Baru Terungkap, Kunjungi Masaran, Iriana Jokowi Ternyata Pimpin Demo bersama Anak-Anak TK. Ini yang Dilakukan?

Menurutnya kearifan lokal perangkat di bawah dan mediasi secara kekeluargaan merupakan salah satu alternatif untuk menghadirkan kepastian dan kesejahteraan hukum.

Namun ada beberapa permasalahan yang tidak mungkin dilakukan RJ. Seperti pembunuhan, narkoba dan beberapa persoalan tindak pidana kategori berat lainnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com