JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Catatan Trie Utami “UNESCO to SD Kenalan”

Penyanyi kenamaan Indonesia Trie Utami yang akrab disapa “Mbak Iie” bersama rombongan dari UNESCO saat berkunjung di SD Kanisius Kenalan belum lama ini. Foto : Istimewa

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM -UNESCO merupakan organisasi internasional yang bergerak di bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan belum lama ini telah hadir di SD Kanisius Kenalan.

Rombongan UNESCO hadir menyapa para siswa di sekolah yang terletak di lereng Gunung Menoreh kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Apa yang disaksikan di SD Kenalan ini menjadi salah satu elemen penting dalam kolaborasi sektor pendidikan dan kebudayaan.

Kegiatan ini jadi wujud nyata yang ditempuh dari berbagai pihak, yakni IGCN, KUPUKU Indonesia, Jabar Masagi, Sound of Borobudur, serta UNESCO.

Trie Utami hadir mewakili Sound of Borobudur mendampingi kunjungan dari perwakilan UNESCO di SD Kenalan.

Untuk diketahui, Trie Utami merupakan penggagas utama Sound of Borobudur yang merupakan ‘Gerakan Kebangsaan’ melalui bidang budaya.

Dalam keterangan tertulisnya, Trie Utami menyampaikan, ada apa di SD Kenalan? Kenapa UNESCO merasa perlu untuk datang dan mengunjungi sekolah yang berada di perbukitan Menoreh Borobudur itu?.

“Ketika dunia tersadar bahwa sistem pendidikan berbasis STEM tidak menjadikan dunia sebagai tempat hidup yang lebih baik,” papar Trie Utami yang akrab disapa Iie.

“Perang, korupsi, kelaparan, kemiskinan, eksploitasi alam dan berbagai masalah, menjadi realita dunia saat ini. Karena pendidikan berbasis budaya dan kemanusiaan, terpinggirkan, ditinggalkan dan tidak dianggap penting,” urai dia.

Nun jauh di perbukitan Menoreh, menurut Iie, SD Kenalan justru melakukan suatu proses pendidikan yang dapat menjadi contoh bagi dunia. Sebuah tawaran nyata yang bisa menjadi solusi global.

“UNESCO berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung, bagaimana sebuah proses pendidikan yang memiliki kontrak sosial,” jelas dia.

“Ruang pendidikan dibuka, tak hanya di ruang kelas, lingkungan dan masyarakat menjadi bagian dari rangkaian proses pembelajaran,” imbuh dia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com