JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ini Daftar 11 Korban Keracunan Massal Bancakan Gudangan Mbah Karso di Celep Sragen. Ada Nama Sugiono hingga Deas Karisma!

Kondisi salah satu warga Desa Celep, Kedawung, Sragen korban keracunan bancakan gudangan saat mendapat perawatan di klinik, Jumat (26/8/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 11 orang warga Dukuh Ngrombo, Desa Celep, Kecamatan Kedawung dilaporkan mengalami keracunan massal setelah menyantap menu nasi dengan lauk gudangan pada acara kendurian atau bancakan salah satu warga setempat.

Mereka mengalami gejala mual, muntah dan diare sampai lemas setelah menyantap menu bancakan wetonan yang dibuat Karso Dikromo, warga RT 2, Dukuh Ngrombo.

Belasan warga itu dilarikan ke klinik di wilayah perbatasan Sragen dan Karanganyar sejak Kamis (25/8/2022).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Meski demikian, belasan korban itu harus menjalani perawatan intensif di klinik Naura Medika, Jamus, Karanganyar.

Menurut Camat Kedawung, Endang Widayanti, musibah keracunan massal itu bermula ketika Rabu (24/8/2022) malam, para korban mendapat bancakan wetonan atau peringatan hari lahir dari Karso Dikromo.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Bancakan itu terdiri dari nasi dengan lauk hidangan atau kulupan dari sayur-sayuran. Semula tidak ada keganjilan saat bancakan itu disantap.

Namun keesokan harinya mereka satu persatu mengalami gejala mual dan muntah. Tak cukup hanya di situ, para warga yang menyantap bancakan juga mengalami diare sampai lemas.

“Jadi malamnya menyantap bancakan pakai gudangan itu, pagi esoknya mengalami mual dan muntah. Sebagian diperiksakan ke Klinik Pak Gun Jambangan. Karena nggak sembuh-sembuh dan sebagian malah diare, akhirnya sorenya sebagian dibawa rawat inap ke Klinik Naura Medika Kuta Kerjo, Jamus, Karanganyar,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (26/8/2022).

Camat memastikan dari 11 korban, kondisinya langsung tertangani. Tidak ada yang sampai fatal.

Baca Juga :  Patroli Presisi Polres Sragen Jaga Keamanan Kantor KPU dan Bawaslu Jelang Penetapan Presiden Terpilih 2024

Saat ini, kondisi para korban sudah berangsur membaik. Menurutnya tim Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) juga sudah terjun mengecek sampel makanan dan kondisi korban.

“Kepala DKK sudah mengecek lokasi. Kondisi korban Alhamdulillah sudah membaik. Tidak sampai ada korban jiwa,” urai Camat.

Kepala DKK Sragen, Hargiyanto memastikan sudah mengecek ke lokasi dan meninjau para korban, Jumat (26/8/2022) sore.

Tim juga mengambil sampel sisa makanan bancakan yang disantap korban. Sampel itu akan dikirim untuk diuji lab guna memastikan penyebab keracunan. Wardoyo

Daftar Korban Keracunan Desa Celep:
1. Ari Ambar Astuti
2. Sugiono
3. Maryani
4. Darto Suwarno Maridi
5. Darmi
6. Sumiyati
7. Mujiono
8. Riva
9. Lina
10. Deas Karisma
11. Kamiyati ( Mlokolegi)
Sumber: DKK Sragen

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com