JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 54 UNS Latih Warga Desa Jatingarang Membuat Batik Ecoprint

Mahasiswa KKN Kelompok 54 UNS berfoto bersama peserta pelatihan membuat batik ecoprint di Desa Jatingarang, Weru, Sukokoharjo sembari menunjukkan hasil karyanya / Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Batik adalah salah satu warisan budaya leluhur yang adiluhung dan patut untuk dilestarikan.

Ada banyak cara untuk melestarikan warisan budaya batik tersebut, salah satunya yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Kelompok 54 UNS ini.

Mereka menggelar pelatihan membuat batik dengan metode ecoprint kepada Ibu-ibu PKK di Desa Jatingarang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, pada Selasa (23/8/2022) siang.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN 333 UNS Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk dari Kotoran Sapi di Desa Karanganyar, Pacitan

Ika Novia, selaku penanggungjawab kegiatan  menjelaskan, pelatihan membuat batik ecoprint bertujuan untuk mengenalkan ragam batik di Indonesia.

“Tapi ini kita lakukan dengan metode membatik yang berbeda dari biasanya. Ini menjadi terobosan baru dalam pengembangan UMKM yang ada di Desa Jatingarang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan membuat batik ecoprint tersebut dilakukan bersamaan dengan pertemuan rutin ibu–ibu PKK Desa Jatingarang.

Baca Juga :  Pasca Pandemi, SD Kristen Widya Wacana Jamsaren Gelar Selasa Kreatif, Ini Tujuannya

Pada pertemuan tersebut, tim mahasiswa KKN 54 UNS lebih dulu mengenalkan tenkik membatik dengan metode ecoprint. Dijelaskan pula mengenai cara dan bahan yang digunakan dalam pembuatan batik ecoprint.

Ibu-ibu PKK Desa Jatingarang, Weru, Sukoharjo asyik membuat batik ecoprint di bawah bimmbingan mahasiswa KKN Kelompok 54 UNS / Istimewa

Dalam ecoprint ini, bahan–bahan yang digunakan adalah totebag, daun jati, daun pepaya, bunga yang mengandung air, cuka dan tawas.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com