JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rangkum Jejak Penanganan Pandemi, Pemerintah Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19

Menko Airlangga dalam acara peluncuran buku vaksinasi Covid-19, Kamis (11/8/2022) / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meluncurkan buku vaksinasi Covid-19 serta menggelar diskusi panel terkait tantangan, capaian dan evaluasi vaksinasi Covid-19, Kamis (11/8/2022).

Melalui peluncuran buku dan diskusi tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berharap hal itu dapat meng-capture kebijakan-kebijakan publik yang dibuat.

“Karena dalam G20 pun kita memasukkan salah satu outcome dari G20 yaitu terkait arsitektur kesehatan global,” ungkap, Menko Airlangga, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Untuk diketahui, buku vaksinasi Covid-19 tersebut merangkum seluruh perjalanan Indonesia sejak awal pandemi, kebijakan-kebijakan yang diambil dalam menangani dan mengendalikan pandemi, beserta seluruh dinamika yang terjadi di lapangan.

Baca Juga :  Bjorka Muncul Kembali, Kali Ini Sasar Kepala BSSN

Dalam penanganan pandemi, Pemerintah melakukan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat dengan pembatasan mobilitas, kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), dan vaksinasi.

Program vaksinasi sendiri bertujuan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 dengan membentuk kekebalan komunal (herd immunity) yang kemudian bertransformasi menjadi perlindungan kelompok (herd protection). Program vaksinasi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri masyarakat untuk beraktivitas kembali dan sekaligus menggerakkan roda perekonomian.

Baca Juga :  Di Kalangan Pemilih Muda, Golkar Paling Populer  Dibanding PDIP, Gerindra dan Demokrat

Upaya yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan herd protection ini dimulai dari perjuangan mendapatkan vaksin dengan diplomasi ke negara produsen untuk mengamankan pasokan dalam situasi kelangkaan, hingga mendorong riset dan inovasi farmasi dengan pengembangan Vaksin Merah Putih untuk kemandirian negara.

Di samping itu, Pemerintah juga mengembangkan digitalisasi sistem kesehatan melalui teknologi informasi dan mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan melibatkan berbagai pihak.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com