JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Hindari Kebiasaan Buruk Ini Agar Ginjal Tetap Sehat

Ilustrasi gangguan ginjal. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Ginjal merupakan salah satu organ manusia yang memiliki peranan penting. Ginjang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain penyaring darah, menjaga kadar air dalam tubuh, dan Pelepas hormon penghasul sel darah merah.

Tak ayal, maka menjaga kesehatan ginjal menjadi hal wajib bagi setiap orang. Tetapi tak sedikit orang yang tak menyadari bahwa beberapa kebiasaan buruk bisa menyebabkan terganggunnya fungsi ginjal.

Baca Juga :  Gejala Alergi Udang, dari Gatal Hingga Suara serak

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan ginjal?

1. Menahan buang air kecil

Banyak orang memiliki kebiasaan menunda buang air kecil. Padahal kebiasaan ini dapat menganggu kinerja ginjal karena bakteri dalam urine berkembang biak dan menyebabkan infeksi, seperti infeksi saluran kemih, uremia, dan nefritis. Oleh sebab itu, kebiasaan menahan buang air sebaiknya dihindari.

2. Kurang minum air putih

Baca Juga :  Tingkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh dan Cegah Sakit Saat Musim Pancaroba dengan 3 Vitamin Ini

Melansir kidney.org, tetap terhidrasi dengan baik membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal. Hanya saja, orang yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan tetapi untuk yang sehat. Konsunsi 1,5-2 liter air per hari adalah target yang sehat.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com