JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Kucing atau Anjing, Mana yang Lebih Panjang Umurnya?

Anjing dan kucing. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Anjing dan kucing memiliki usia harapan hidup yang berbeda jauh. Melansir pets.thenest.com usia anjing hanya sekitar delapan tahun adapun kucing memiliki rata-rata harapan hidup sekitar 12-15 tahun.

Melansir laman Guiness Book of Records, disebutkan anjing tertua selama ini adalah anjing ternak Australia betina bernama Bluey, ia hidup sampai umur 29 tahun 5 bulan.

Sedangkan kucing yang yang hidupnya paling lama sejauh ini adalah kucing peliharaan bernama Creme Puff. Ia hidup sampai usia 38 tahun 3 hari. Pemiliknya mengatakan, makanan Cremen Puff selalu terjaga. Seringnya hewan ini diberi asupan makanan kering. Selain itu sebagian makanannya terdiri dari jenis sayuran seperti brokoli, telur, dan kalkun setiap dua hari.

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

Perbedaan usia itu disebabkan karena anjing memiliki jantung yang lebih besar dan memerlukan kerja yang lebih keras untuk menopang organnya. Namun kedua hewan ini akan memiliki usia yang lebih lama jika dirawat dengan baik, sesuai dengan kebutuhan gizi dan kesehatannya.

Adapun cara lain untuk membantu kedua hewan ini meningkatkan harapan usia lebih panjang, yaitu dengan mengebiri atau memandulkannya. Biasanya caranya dilakukan oleh dokter hewan melalui operasi.

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

Dengan mengebiri, kedua hewan ini akan menjauh dari komplikasi masalah kesehatan yang serius. Terutama ketika mereka sedang mengalami persalinan dan kanker tertentu yang mempengaruhi kelenjar susu dan organ reproduksi.

Pemilik anjing dan kucing perlu harus memperhatikan segala aspek kesehatan mereka. Mulai dari kebersihan kandang, lingkungan, fisik, pakan, sampai vitamin. Hal penting lain juga karena mengingat bahwa seiring bertambahnya usia, kedua hewan ini perlu mengubah nutrisinya dan bahkan pola tidurnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com